Sempat Viral, Bareskrim Tangkap Pelaku Transaksi Uang Dinar-Dirham di Depok

Sempat Viral, Bareskrim Tangkap Pelaku Transaksi Uang Dinar-Dirham di Depok
Viral, Transaksi di Pasar Muamalah Gunakan Dinar
Editor : Admin News — Rabu, 3 Februari 2021 14:02 WIB
terasjakarta.id - Polri menangkap Zaim Saidi, pemilik Pasar Muamalah yang melakukan transaksi dengan menggunakan dinar dirham di Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya aksi jual beli menggunakan dinar dirham sempat viral di media sosial (medsos).

"Kita sudah dilakukan penangkapan terhadap pemilik pasar muamalah tersebut," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Polisi Rusdi Hartono, Rabu (3/2/2021).

Rusdi mengatakan, saat ditangkap Zaim Saidi tidak melakukan perlawanan. Zaim ditangkap di rumahnya pada Selasa (2/2/201) malam.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus pada Bareskrim Polri Brigjen Polisi Helmy Santika, menjelaskan penangkapan Zaim Saidi itu terkait transaksi jual-beli yang menggunakan mata uang dinar dirham bukan rupiah. 

Aksi jual-beli menggunakan dinar dirham tersebut terungkap setelah sebelumnya sempat viral di media sosial. Namun, Helmy tidak menjelaskan lebih jauh mengenai pasal yang telah dilanggar oleh Zaim Saidi.

"Iya terkait transaksi memakai dinar itu," katanya.

Sebelumnya, viral transaksi jual-beli di Pasar Muamalah, Depok Jawa Barat menggunakan dinar dirham.

Pemerintah setempat kemudian langsung menegaskan, cara tersebut tidak sah karena yang berlaku di Indonesia hanya dengan mata uang rupiah.

Zaim juga menerapkan prosesi jual-beli dengan menggunakan pola barter. Sistem perdagangan itu diterapkan dengan dalih mencontoh ajaran Rasulullah SAW. (adt)

Viral Pasar Muamalah Transaksi Dinar Bareskrim Polri

Loading...

Related Post