Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalat Depok, Pernah Unggah Video Kedekatannya dengan Sidi Sakti Eks Shela on 7

Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalat Depok, Pernah Unggah Video Kedekatannya dengan Sidi Sakti Eks Shela on 7
Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalat, Depok (Foto:Instagram/zaim.saidi)
Editor : Donald News — Rabu, 3 Februari 2021 13:36 WIB
terasjakarta.id


Mabes Polri telah menciduk Zaim Saidi, penggagas Pasar Muamalah, di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat. Saat ini, pria tersebut masih dalam pemeriksaan intensif.

Karo Penmas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Rabu (3/2/2021) membanarkan kalau Zaim Saidi sudah ditangkap dan kini dalam pemeriksaan intensif. “Ditangkap Bareskrim tadi malam,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Sebelumnya Bank Indonesia menegaskan bahwa berdasarkan Pasal 23 B UUD 1945 juncto Pasal 1 angka 1 dan angka 2, Pasal 2 ayat (1) serta Pasal 21 ayat (1) UU Mata Uang, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bila ada transaksi menggunakan denominasi non-rupiah melanggar Pasal 21 UU Mata Uang, dengan sanksi pidana kurungan paling lama 1 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 200 juta.

Seperti diketahui, Pasar Muamalat di Depok jadi sorotan dan sempat viral karena  pasar tersebut hanya  memperbolehkan transaksi jual beli menggunakan koin dinar dan dirham. Pasar tersebut juga mengenal barter, di samping transaksi uang rupiah.

Dikutip dari tayangan youtube channel Kanal Anak Bangsa Tv, Rudi S Kamri menyebut bahwa dari literasi yang dia dapat bahwa di Kota Depok ada Pasar Muamalah dengan sistem khilafah.  “Saya buka-buka referensi, Di Depok ini sudah 10 tahun ada Pasar Muamalah, transaksinya sistem khilafah,” ujar Rudi dalam youtube channel tersebut.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Zaim Saidi pendiri Pasar Muamalat itu? Zaim Saidi dikenal sebagai salah seorang pegiat ekonomi syariahDia lahir di Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada 21 November 1962. Dia menikah pada 1994 dengan Dini Damayanti.

Zaim Saidi merupakan alumnus Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1986.  Ia pernah aktif di sejumah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sepertu YLKI dan Walhi.

Beberapa waktu lalu dia  pernah mengunggah  video  tentang kedekatan dengan salah satu mantan personel Griup Band Shela on 7, Sidi Sakti atau Sidi Salman
“Bermuamalah sama Sidi Salman Sheila on 7,” cuit @ZaimSaidi : 
Dalam kalimat pembukanya dituliskan bermuamalah adalah kembali kepada fitrah. Menghadirkan yang haq agar riba batil musnah. Namun, ketika mengklik video YouTube tersebut ternyata tidak bisa diputar. (don)

 

Zaim Saidi Pendiri Pasar Muamalat Depok Shela on 7

Loading...

Related Post