Ingin Tau Sejarah Kota Jakarta? Ayo ke Museum Fatahilah, Berlibur Sambil Belajar Sejarah

Ingin Tau Sejarah Kota Jakarta? Ayo ke Museum Fatahilah, Berlibur Sambil Belajar Sejarah
Belajar Sejarah Jakarta di MuseumFatahillah
Editor : Donald Traveling — Senin, 1 Februari 2021 10:02 WIB
terasjakarta.id


Museum Fatahillah di Jalan  Taman Fatahillah No 1, Jakarta Barat, menjadi salah satu destinasi wisata yang layak Anda dan keluarga kunjungi . Apalagi, bagi Anda yang ingin memberikan edukasi kepada anak sambil berlibur. Pasalnya, di museim inilah kita bisa belajar sejarah tentang kebaradan Kota Jakarta sejak di masa penjajah dulu.

Nama Fatahillah sendiri merupakan salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan yang sangat terkenal dalam melawan penjajah di Batavia (Jakarta) ketika itu. Dengan mengambil nama salah satu pahlawan terkenal tersebut, tentu saja museum ini menghadirkan banyak kisah sejarah yang bisa Anda pelajari.

Museum ini juga memghadirkan  berbagai foto-foto sejarah yang menggambarkan keadaan Jakarta di masa peperangan melawan penjajah

Dikutip dari Javatravel, ketika kita dan keluarga memutuskan untuk berwisata ke Museum Fatahillah, maka akan terdapat berbagai spot yang layak untuk diamatii. Kawasan wisata ini terbagi menjadi tiga lantai. Dimana untuk area lantai bawah atau lantai satu, pengunjung pun akan disuguhkan dengan beberapa barang peninggalan VOC yang  terpajang di sana.

Pengunjung juga bisa melihat barang lain yakni berupa keramik dan juga patung yang dipamerkan pada lemari besar. Juga beberapa barang kerajinan seperti gerabah dan prasasti, serta benda benda penemuan dari para arkeolog jaman dulu pun juga dipamerkan di museum satu ini.

Masih di lantai satu, wisatawan pun juga dapat melihat benda benda peninggalan dari budaya Betawi. Sehingga nantinya nuansa tempo dulu akan sangat terasa kental. Pasalnya, pada lantai tersebut akan menyajikan tampilan maupun bentuk dari dapur tempo dulu yang ada di rumah masyarakat Betawi. Hal ini tentu sangat mengagumkan.

Di lantai dua,  pengunjung dapat melihat beberapa benda peninggalan dari Belanda. mulai dari perabot dan juga barang. Kita juga bisa melihatlukisan lukisan masa kolonial. Lukisan tersebut terpampang dengan apik sehingga kita bisa  mengetahui tentang hal seputar masa kolonial

Kita juga bisa menyaksikan  tempat tidur dan juga jendela yang besar. Dimana untuk jendela tersebut berhadapa langsung dengan alun alun. Konon katanya, jendela yang besar tersebut dulunya telah digunakan sebagai Belanda untuk menyaksikan eksekusi hukuman mati. Dulunya, eksekusi mati untuk tahanan tersebut dilakukan pada area alun-alun di bagian tengah.

Selanjutnya, kita bisa menuju ke ruang bawah tanah untuk melihat ruangan yang tak kalah penting saat masa penjajahan Belanda. Di tempat satu ini, wisatawan nantinya akan disuguhkan kondisi dari penjara bawah tanah tempat para tahanan yang melawa pemerintah Belanda. Terdapat 5 ruangan sempit yang cukup pengap dan dilengkapi dengan bandul besi. Berfungsi sebagai belenggu untuk tahanan pada masa tersebut.

Bangunan musem Fatahilah  dahulu merupakan balai kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jendral Joan van Hoom. Bangunan ini menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Setelah Indonesia merdeka persisnya pada 30 Maret 1974, bangunan ini kemudian diresmikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai Museum Fatahillah. (don)

Sejarah Kota Jakarta Museum Fatahila Berlibur

Loading...

Related Post