Minuman Segar dan Sehat, Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe Serai, Minuman Saat Hujan untuk Naikkan Imun Tubuh

Minuman Segar dan Sehat, Resep dan Cara Membuat Wedang Jahe Serai,  Minuman Saat Hujan untuk Naikkan Imun Tubuh
Minuman Segar dan Sehat, Wedang Jahe Serai (NDTVfood)
Editor : Donald Jakarta Food — Jumat, 29 Januari 2021 15:53 WIB
terasjakarta.id


Indonesia kaya akan tanaman herbal. Salah satunya adalah jahe, entah itu jahe biasa atau jahe merah.  Dan, di  antara tanaman herbal lainnya, bisa dibilang jahe termasuk tanaman yang paling populer disajikan sebagai obat tradisional.

Penggunaan jahe ini sebagai obat hebal sudah berlangsung lama dan secara turun temurun.  Kepopuleran jahe tidak lepas dari ragam manfaat yang dimiliki jahe untuk kesehatan tubuh. Selain untuk menghangatkan badan,  minuman berbahan dasar jahe juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, meredakan nyeri sendiri dan otot bahkan dapat bermanfaat untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Jahe bisa dijadikan minuman sehat yang menyegarkan sekaligus mengobati penyakit. Biasanya, jahe diolah dalam bentuk minuman yang disebut wedang jahe.

Indonesia memiliki banyak resep wedang  jahe dari mulai wedang jahe yang dengan banyak bumbu, hingga yang lebih sederhana seperti wedang jahe sereh (teh serai jahe).

. "Wedang" sendiri adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti "minuman panas". Walaupun tanpa kandungan kafeina, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh.

Minuman ini dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas. Selain menggunakan jahe segar, masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan umum di resep tradisional mereka. Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan, batang sereh, cengkih dan/atau kayu manis ditambahkan untuk menambah aroma. Susu segar atau susu kental manis juga dapat ditambahkan.

Berikut ini  Terasjakarta coba merangkum resep wedang jahe serai yang enak dan hangat untuk tubuh : 

 

Bahan:
- 15 cm jahe yang sudah dibersihkan
- 5 buah serai yang sudah dibersihkan
- 500 ml air
- 2,5 sendok gula pasir

Cara membuat:
1. Parut jahe yang sudah dibersihkan.
2. Kemudian geprek serai sampai mengeluarkan aroma wangi yang khas.
3. Rebus jahe dan serai di dalam air yang sudah dicampurkan gula.
4. Setelah mendidih angkat dan saring ampasnya.
5. Wedang jahe serai siap disajikan selagi panas. (don)

Minuman Segar sehat Resep Wedang Jahe. Serai Hujan Imun Tubuh

Loading...

Related Post