Ayo Memasak! Resep dan Cara Membuat Nasi Bebek Madura, Pedasnya Nendang, Nikmatnya

Ayo Memasak!  Resep dan Cara Membuat Nasi Bebek Madura,  Pedasnya Nendang, Nikmatnya
Ayo Memasak, nasi bebek madura pedesnya nendang (Foto Ist)
Editor : Donald Jakarta Food — Jumat, 29 Januari 2021 01:07 WIB
terasjakarta.id


Masuk musim penghujan, cuaca dingin kerap kali melanda. Dengan cuaca seperti ini, mungkin kamu jadi ingin makan makanan penghangat tubuh. Banyak opsi memang. Namun, tak mempertimbangkan nasi bebek Madura akan membuat Anda merugi.

Bagaimana tidak, sajian berupa potongan bebek berbumbu khas, dengan kenikmatan pedas nan lyar biasa, akan membuat kamu ngiler dengan hanya melihatnya.

Yah, keunikan nasi bebek Madura terletak pada bumbu ungkep yang dimasak kembali bersama cabai hingga warnanya jadi gelap.

Bumbu ini juga berfungsi sebagai sambal yang bikin penikmatnya ketagihan.

Agar lebih percaya diri mengolah daging bebek, beberapa tips memilih daging bebek ini wajib kamu ketahui. Maklum, jenis unggas yang satu ini punya kesan menantang saat tahap pengolahannya.

Pertama, pastikan daging bebek bersih hingga ke rongga bagian perut. Sisa kotoran yang masih tersimpan dalam rongga perut bebek biasanya akan menempel hingga pada saat daging bebek matang. Bersihkan dengan air mengalir dan potong bagian tunggir atau pantatnya demi menghilangkan bau.

Selain itu gunakan bumbu dan rempah yang cukup banyak selama proses pematangan. Ini berfungsi juga untuk menghilangkan baunya. Resep nasi bebek Madura ini untungnya sudah menggunakan banyak bumbu, sehingga kamu tak perlu lagi menambahkan apa-apa.

Agar daging bebek empuk dan tidak alot, masak di atas api kecil saat bumbu sudah matang ditumis dan tersalut dengan daging bebek. Aduk sesekali agar matang merata. Daging bebek yang bebas bau amis dan empuk akan membuatmu tak segan untuk mengolah bebek.

Sajikan nasi bebek Madura untuk menu istimewa akhir pekan ini! Berikut Terasjakarta  merangkum resep bebek lado mudo ataupun semur bebek untuk Anda.


Bahan-bahan

Yang diperlukan:

Bango Kecap Manis Pedas

Bahan

1 ekor (700 g) bebek, potong 4 bagian

2 sdm air jeruk nipis

350 ml minyak goreng

12 lembar daun jeruk

2 batang serai, iris tipis

1 sdm gula merah

1 sdt asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air panas

½ sdt garam

3 sdm Bango Kecap Manis Pedas

2 buah tomat, potong kasar

1 L air

Bumbu halus

12 butir cabai rawit merah

10 butir bawang merah

6 siung bawang putih

4 butir kemiri

3 cm kunyit

2 buah cabai merah keriting

2 cm kencur

Pelengkap

4 porsi nasi putih

lalapan

bawang merah goreng

Cara membuat

Potongan bebek dilumuri garm dan lada

  1. Lumuri potongan daging bebek dengan air jeruk nipis hingga merata ke seluruh bagian daging bebek secara merata. Diamkan selama 30 menit. Memasukkan bumbu halus ke dalam wajan di atas kompor.
  1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan sisa minyak goreng, biarkan hingga panas.

Potongan bebek mentah ditumis dengan bumbu halus yang sudah matang.

  1. Masukkan potongan bebek, daun jeruk, gula merah, air asam jawa,serai, tomat, garam, dan Bango Kecap Manis Pedas. Aduk rata. Bebek madura dimasak di atas wajan
  1. Tutup wajan, masak dengan api sedang selama 3 hingga 4 jam lalu cek setiap beberapa saat. Jika daging bebek sudah tidak terendam, tambahkan sedikit air, hingga terendam. Lakukan hal ini sampai daging bebek empuk. Angkat. Nasi bebek madura lengkap dengan lalapan tersaji dalam piring rotan dengan kecap Bango di belakangnya.
  1. Sajikan bersama pelengkap.

 Akhirnya sekarang kamu bisa memasak nasi bebek Madura yang tersohor ini di rumah. Pastikan untuk menyajikan hidangan ini dari waktu ke waktu agar keluarga selalu dimanjakan dengan rasa nikmatnya! (adt)

 

Ayo memasak Resep Cara membuat Nasi Bebek Madura Pedas Nikmatnya

Loading...

Related Post