Kemenkes Tambah Tempat Tidur Rumah Sakit di Jakarta

Kemenkes Tambah Tempat Tidur Rumah Sakit di Jakarta
Ilustrasi petugas medis sedang melakukan penanganan pasien covid-19 di salah satu rumah sakit di Jakarta (ist)
Editor : Potan News — Kamis, 28 Januari 2021 12:06 WIB
terasjakarta.id

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Abdul Kadir, menyebut ketersediaan tempat tidur rumah sakit di DKI Jakarta sudah bertambah. Dari yang sebelumnya tersisa 17 persen, kini menjadi 36 persen.

“Di DKI sendiri di rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan terjadi peningkatan tempat tidur sebanyak hampir 2.000 tempat tidur, atau yang dulunya 17 persen sekarang meningkat jadi 36 persen di semua tempat tidur yang ada di rumah sakit,” kata Abdul Kadir di Jakarta, Rabu (27/1/2021) kemarin.

Abdul Kadir menyebut penambahan juga terjadi terhadap tempat tidur pasien COVID-19. Kendati demikian, dia tidak menyebutkan secara rinci penambahan tempat tidur khusus pasien COVID-19 itu.

Yang pasti menurutnya, sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan, seluruh rumah sakit diminta untuk menambah atau mengonversi 40 persen kapasitas tempat tidur pasien menjadi pelayanan rawat inap untuk pasien COVID-19.

Selain itu, Menkes juga meminta agar seluruh rumah sakit khususnya yang berada di wilayah dengan kategori penularan COVID-19 zona merah untuk mengonversi 25 persen ruang ICU untuk perawatan pasien COVID-19.

Tapi, penambahan kapasitas RS itu tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dengan mempertimbangkan kondisi finansial dan juga infrastruktur rumah sakit itu sendiri.

“Kalau memang memungkinkan untuk RS yang ada di daerah zona merah untuk mengonversi 40 persen kapasitasnya untuk pasien COVID-19 dapat dilaksanakan sebagai bukti kita semua ikut bertanggung jawab penanggulangan COVID-19,” kata Kadir.

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan mencatat ada 1.600 rumah sakit di seluruh Indonesia yang memberikan pelayanan untuk pasien COVID-19.

Total ketersediaan tempat tidur untuk pasien COVID-19 secara nasional sekitar 81 ribu lebih. Saat ini jumlah keterisian tempat tidur tersebut secara nasional masih terisi oleh sekitar 51 ribu pasien atau dengan persentase 63,66 persen.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 26 Januari 2021, daerah zona merah yang keterisian tempat tidur RS mencapai 82 persen, yaitu DKI Jakarta dan Banten dengan keterisian 80 persen, sedangkan zona kuning yang keterisiannya di atas 70 persen, yaitu D.I. Yogyakarta 76 persen, Jawa Barat 72 persen, dan Bali 70 persen.(tan) 

Kemenkes Tambah Tempat Tidur Rumah Sakit Jakarta

Loading...

Related Post