BST DKI Berbelit, Wa ode Herlina: Gubernur Harus Tinjau Ulang Mekanisme Penyaluran

BST DKI Berbelit, Wa ode Herlina: Gubernur Harus Tinjau Ulang Mekanisme Penyaluran
Anggota DPRD DKI Wa Ode Herlina saat blusukan ke pemukiman warga di Jakarta Pusat (ist)
Editor : Potan Rumah Rakyat — Selasa, 26 Januari 2021 18:24 WIB
terasjakarta.id

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemprov DKI kepada sudah disalurkan ke masyarakat. Namun dalam proses pengambilan, masyarakat mengalami kesulitan dan berbelit-belit.

Melihat persoalan itu anggota Fraksi PDIP di DPRD DKI, Wa Ode Herlina yang angkat bicara. Menurutnya masa pandemi covid-19 saat ini seharusnya masyarakat tinggal di rumah dan tidak harus di repotkan ke Bank DKI hanya untuk mengisi formulir sekaligus buka rekening.

"Saat ini, untuk mencairkan BST tersebut, warga harus datang ke Bank DKI untuk buka rekening, dan tidak langsung cair hari itu juga, " jelas anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta itu kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Menurut Wa Ode Herlina, saat ini warga mengalami berbagai masalah dengan prosedur yang diterapkan oleh pemda DKI. Hasil blusukan yang dilakukannya di dapil Jakpus, warga mengeluhkan karena setelah buka rekening, warga menunggu surat BST dari RT untuk mendapatkan dana BST, warga harus mengikuti alamat yang ditunjuk Bank DKI.

Selain itu Wa Ode juga menilai alamat tempat pengambilan dana tersebut, cenderung cukup jauh tidak berlokasi di daerah tempat tinggal warga.

Karenanya, Wa Ode mengharapkan Gubernur, agar mekanisme (persyaratan) ini dtinjau ulang.

"Sebaiknya bermodal daftar penerima, diserahkan ke RT. Biar RT serahkan ke warga-warga, didampingi atau dipantau tim bansos," jelas Herlina.

Dengan mekanisme pencairan dana BST yang berbelit seperti itu, sambung anggota DPRD DKI yang terpilih dari dapil Jakpus itu masyarakat harus 'mengusap dada' karena dana BST yang diharapkan bisa langsung digunakan untuk digunakan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Justru harus menunggu berhari-hari untuk pencairannya.

" Apalagi, warga banyak kurang paham mekanisme Bank. Bolak balik, disamping biaya, juga waktu. Repot sekali untuk dapat BST ini. Sementara ada PSBB ini, kita inginnya warga jangan banyak beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran vitus covid 19," pungkasnya.(tan)

BST DKI Berbelit Wa ode Herlina Gubernur Harus Tinjau Ulang Mekanisme penyaluran

Loading...

Related Post