Banyak Tahanan KPK Terpapar Corona, Ini Penyebanya

Banyak Tahanan KPK Terpapar Corona, Ini Penyebanya
Plt. Kepala Rutan KPK bersama jajaran. (Ist)
Editor : Donald News — Selasa, 26 Januari 2021 17:22 WIB
terasjakarta.id


Para tahanan kasus korupsi yang ditahan di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi KPK) banyak yang tertular covid-19. KPK berdalih, masuknya corona ke tahanan lewat para tahanan yang meminta izin berobat di luar.

Plt Kepala Rutan KPK Ristanta menuturkan, pihaknya memenuhi hak tahanan untuk izin berobat ke luar rutan.

"KPK kan harus tetap memenuhi hak tahanan yang meminta izin berobat ke luar rutan," kata Ristanta kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa, (26/1/2021).

Menurutnya, pihaknya sudah memperketat penerapan protokol kesehatan dalam rutan. Bahkan, kunjungan fisik dari pihak keluarga maupun tim penasihat umum sangat dibatasi oleh pihak rutan KPK. Saat ini masih ada 14 tahanan kasus korupsi yang masih dinyatakan positif Covid-19.

Seluruh tahanan itu saat ini sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet dengan penjagaan ketat dari pengawal tahanan (waltah).

"Lantai 30 di sana, dikhususkan untuk tahanan KPK dengan penjagaan dua personel pengawal tahanan," katanya.

Lembaga antirasuah tersebuit sedang memikirkan cara agar Covid-19 tidak lagi menular ke para tahanan. Dia pun meminta kepada semua pihak untuk mengerti jika ada kebijakan dalam Rutan KPK yang kerap berubah. Hal tersebut dilakukan demi meminimalisasi penyebaran Covid-19.

"Semua ini kami lakukan bukan untuk menghambat kepentingan para tahanan dan kerabatnya. Tapi demi kesehatan dan keselamatan bersama," tutur Ristanta. (don)

 

Tahanan KPK Terpapar Corona Penyebanya

Loading...

Related Post