Komnas HAM Sebut Tindakan Rasis Ambrocius Terhadap Pigai Rendahkan Martabat Manusia

Komnas HAM Sebut Tindakan Rasis Ambrocius Terhadap Pigai Rendahkan Martabat Manusia
ist
Editor : Potan News — Selasa, 26 Januari 2021 15:56 WIB
terasjakarta.id

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menyayangkan tindakan rasis Ambroncius Nababan terhadap mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

Komisioner Komnas HAM, Amiruddin Al Rehab menilai perbuatan Ambrocius tidak patut dilakukan karena telah merendahkan harkat dan martabat manusia. Sebelumnya melalui akun facebooknya, Ambroncius menyandingkan foto Natalius Pigai dengan Gorila.

Untuk itu, dirinya mendesak kepolisian agar menindak tegas secara hukum pelaku tindakan rasisme terhadap aktivis HAM Natalius Pigai oleh Ambrocius Nababan. Amiruddin meminta Ambroncius diproses tegas lewat jalur hukum.

"Saya mau tegaskan bahwa polisi harus memproses pelaku perbuatan Rasis tersebut secara hukum," kata Amirudin di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

"Karena perbuatan yang menunjukan sikap Rasis bertentangan dengan hukum, terutama UU No. 40/2008 tentang Penghapusan Tindakan Diskriminasi atas Ras dan Etnis. Pelakunya bisa dipidana," sambungnya.

Proses hukum, kata dia, perlu dilakukan agar orang-orang yang telah dan akan berperilaku rasis di RI bisa dihentikan.

Dia menjelaskan, alasan pemidanaan cukup beragam. Diantaranya, perilaku Ambrocius yang menyandingkan foto Natalius Pigai dengan seekor gorila sangat bertentangan dengan nilai-nilai dasar HAM.

"Perilaku yang menunjukan sikap rasialis adalah perilaku yang sangat bertentangan dengan norma-norma HAM. Oleh karena itu, perilaku Rasis merendahkan harkat dan martabat manusia," tuturnya.

"Juga tidak sesuai dengan UU nomor 40/2008 tentang Penghapusan Tindakan Diskriminasi Ras dan Etnis. Sudah seharusnya tidak memberikan ruang pada perilaku rasis di Tanah Air," tegasnya. (adt)

Komnas HAM Tindakan Rasis Ambrocius Pigai Rendahkan Martabat Manusia

Loading...

Related Post