LKB Minta Ondel-ondel Pengamen Ganggu Ketertiban Harus Ditindak

LKB Minta Ondel-ondel Pengamen Ganggu Ketertiban Harus Ditindak
Ilustrasi Ondel-ondel pengamen di jalanan ibu kota (ist)
Editor : Potan Berita Anda — Selasa, 26 Januari 2021 09:32 WIB
terasjakarta.id
Sebelas sanggar seni budaya dan komunitas silat bersilaturahmi ke Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Mereka menyampaikan aspirasi menyangkut upaya pelestarian dan pengembangan budaya Betawi khususnya di masa pandemi covid yang masih berlangsung. 

Ketua umum LKB, Beky Mardani menerima langsung kedatangan pengurus sanggar kesenian Betawi yang berada dibawah naungan LKB tersebut, di markas LKB Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021) kemarin.

Dalam silaturahmi tersebut banyak masukan yang diterima pria yang akrab disapa Cing Beky itu dari pimpinan sanggar. Salah satunya tentang keberadaan Ondel-ondel pengamen di jalanan ibu kota yang sudah meresahkan.

Bang Kimung dari Sanggar Sekojor menyayangkan sudah banyak Ondel-ondel marak digunakan untuk mengemis sekakigus ngamen. Bahkan kata Bang Kimung Ondel-ondel itu mengganggu ketertiban lalu lintas.

"Selain mengabaikan waktu, karena beroperasi hingga malam, bahkan mereka mengabaikan tatakrama dan adat budaya betawi, seperti memaksa, dekat masjid tetap membunyikan musik dengan keras, hingga beberapa kasus pengamen ondel-ondel melakukan tindak kriminal, seperti menjambret dan mencuri handpone," jelas Bang Kimung. 

Keprihatinan Bang Kimung disambut sanggar lainnya dan menyampaikan keprihatinan yang sama. Sanggar Ondel-ondel Nintang Sartika meminta SKPD terkait mengambil tindakan tegas kepada pengamen ondel-ondel. 

Mendapat  masukan tentang kegiatan Ondel-ondel pengamen yang sudah mengarah pada tindak kriminal, Bang Beky Mengaku LKB dan Dinas Kebudayaan dan perwakilan ormas serta sanggar membuat kesepakatan di Satpol PP agar ada tindakan tegas kepada pengamen ondel-ondel apalagi yang sudah mengarah pada tindakan kriminal. 

"Ane menyesalkan sekali ikon budaya betawi yakni ondel-ondel dijadikan alat melakukan tindak kriminal, tentu saja ini sangat tidak sesuai dengan tujuan awal dari di tetapkannya ikon budaya betawi ini," ujar Cing Beky.

"Kedepan kita akan kembali minta satpol pp menindak pengamen ondel-ondel yang melanggar ketertiban di jalan raya," tutup Cing Beky.

Adapun beberapa sanggar yang datang silaturahmi ke LKB antara lain, Sanggar Sekojor (Jakbar), Sanggar Si Pitung Rawabelong (Jakbar),  Sanggar Bechak (Jakut), Sanggar Naga Pamungkas (Jakut), Sanggar Paku Galuh (Jakbar), Sanggar Ondel2 Bintang Sartika (Jaktim), Sanggar El Harist (Jaksel), Sanggar Setia Warga (Jaktim), Sanggar Bintang Sartika (Jakpus).(tan)

LKB Ondel-ondel Pengamen Ganggu Ketertiban Harus Ditindak

Loading...

Related Post