Timbulkan Keresahan, Satpol PP Segel Penginapan di Kawasan Ancol

Timbulkan Keresahan, Satpol PP Segel Penginapan di Kawasan Ancol
ist
Editor : Potan News — Senin, 25 Januari 2021 16:01 WIB
terasjakarta.id

Lantaran kerap membuat keresahan dengan menimbulkan kerumunan, sebuah hotel atau penginapan yang berada di Komplek Ruko Permata Jalan Budi Mulia Utara Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara disegel Satpol PP.

Penutupan hotel Ava OYO Guest House Ancol ini dibenarkan Kepala Satpol PP DKI, Arifin. Menurutnya, penyegelan dilakukan meminimalisasi tempat-tempat usaha yang melanggar Perda, serta sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Tak hanya menimbulkan kerumunan, menurut Arifin, hotel tersebut juga tidak memiliki izin operasional dan menindaklanjuti adanya pengaduan masyarakat bahwa usaha tersebut meresahkan warga sekitar karena di duga terdapat penyalahgunaan narkoba

"Kegiatan penutupan atau penyegelan kegiatan usaha OYO di Komplek Ruko Permata Jalan Budi Mulia Utara Kelurahan Pademangan Barat karena tempat usaha tersebut tidak memiliki izin operasional dan menindaklanjuti adanya pengaduan masyarakat bahwa usaha tersebut meresahkan warga sekitar karena di duga terdapat penyalahgunaan narkoba dan setiap malam sampai dini hari terdapat kerumunan remaja di sekitar gedung Penginapan OYO," kata Arifin, Senin (25/1/2021).

"Dalam melaksanakan tugas agar berpedoman pada ketentuan yang berlaku, berkoordinasi dengan instansi terkait dan bertindak secara arif, bijaksana, humanis, dan persuasif, serta menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Petugas Satpol PP DKI Jakarta menutup penginapan tersebut didasarkan pada 5 peraturan dan surat terkait yakni:
- Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum
- Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata
- Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Satuan Polisi Pamong Praja Prov DKI Jakarta No. 091/DPA/2021 tanggal 4 Januari 2021
- Surat Pengurus RW.011 Kel.Pademangan Kec.Pademangan Jakarta utara Nomor 247/Sek-011/1/2021 Tanggal 5 Januari 2021 Perihal tindak lanjut laporan warga
- Surat Tugas Kepala Satpol PP Prov DKI Jakarta No. 38/-1.74 tentang Penutupan atau Penghentian Kegiatan Usaha Yang Melanggar Perda atau Perkada Provinsi DKI Jakarta.

Penutupan dilakukan oleh 80 personel gabungan Satpol PP DKI dan Jakarta Utara, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI, PTSP DKI, Koramil dan Polsek dengan pelaksanaan sejak pukul 09.50 -10.30 WIB.

Kegiatan dilakukan dimulai dengan pembacaan BAP penyegelan oleh petugas PPNS Satpol PP Prov DKI Jakarta, selanjutnya petugas menempel stiker segel dengan di sertai spanduk pengumuman dan garis kuning Satpol PP Prov DKI Jakarta.

Dari data yang diperoleh dari Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, sejak pelaksanaan operasi penindakan pelanggaran PSBB sejak 11-24 Januari 2021, total ada 22.895 orang diberikan sanksi kerja sosial serta 595 orang dikenai sanksi denda dengan jumlah denda Rp 88.550.000.

Selama 11-24 Januari 2021 total ada 4.922 tempat perkantoran, tempat usaha, dan tempat industri yang dilakukan pemeriksaan. Dari jumlah tersebut, dua tempat dikenai denda, 26 tempat ditutup sementara, 511 diberikan teguran tertulis, dan belum ada pembekuan sementara atau pencabutan izin.

Sedangkan dari total 6.428 total tempat restoran, rumah makan, dan kafe yang diperiksa pada 11-24 Januari 2021 ada 10 tempat di denda, 106 tempat dihentikan sementara, 760 diberikan teguran tertulis dan dibubarkan (kerumunan), serta belum ada pembekuan sementara atau pencabutan izin. (adt)

Timbulkan Keresahan Satpol PP Segel Penginapan di Kawasan Ancol

Loading...

Related Post