Efek Samping Mengkonsusmi Sirsak Secara Berlebihan, Nomor 4 Bikin Merinding

Efek Samping Mengkonsusmi Sirsak Secara Berlebihan, Nomor 4 Bikin Merinding
Ilustrasi. Buah sirsak memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bisa merugikan (Foto: Istimewa).
Editor : Donald Jakarta Style — Minggu, 24 Januari 2021 20:56 WIB
terasjakarta.id


 

Kita  tentu tidak asing dengan buah sirsak. Selain nikmat untuk disantap, ada banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Manfaat buah dengan rasa manis dan asam ini tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Tapi, siapa sangka kebanyakan makanan  juga tidak baik, lho.

 

 

Seperti diketahui buah sirsak banyak ditemukan di daerah beriklim tropis  yang sudah tentu hampir pasti ditemukan di semua daerah di Indonesia.

 

Buah sirsak sering dikonsumsi langung atau dijadikan jus, puding, atau campuran es buah. Tidak hanya daging buahnya, bagian lain dari tanaman sirsak, seperti batang, akar, dan daun sirsak, juga cukup sering digunakan sebagai obat tradisional.

Dikutip dari stylecraze, Sirsak dikenal dengan banyak manfaat kesehatan yang ditawarkannya, tetapi pada saat yang sama, ia memiliki banyak efek samping, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari konsumsi sirsak. 

Yuk, kita coba simak keuntungan dan keruguan yang bakal kita alami bila terlalu banyak memakan sirsak

 

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Dalam seporsi buah sirsak (sekitar 200 gram) terkandung sekitar 110-130 kalori. Selain itu, buah sirsak juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium

Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan seperti dilansir Alodokter

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak yang perlu Anda ketahui:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam buah sirsak berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.
    Selain itu, kandungan nutrisi pada buah sirsak juga diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat melawan penyakit infeksi.
  2. Meredakan peradangan
    Ekstrak buah sirsak diketahui memiliki efek antiradang. Efek ini dipercaya baik untuk meringankan peradangan dan penyakit yang muncul akibat peradangan, seperti asam urat (gout), hipertensi, dan arthritis.
    Meski demikian, penelitian sejauh ini belum dapat menyimpulkan dengan pasti bagaimana efektivitas buah sirsak sebagai pengobatan. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah sirsak yang satu ini.
  3. Melancarkan pencernaan
    Tingginya kandungan serat dan air di dalam buah sirsak baik untuk menjaga saluran cerna agar tetap aktif. Rutin mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah sirsak, juga baik untuk mengatasi dan mencegah sembelit.
  4. Melawan infeksi
    Suatu riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak terlihat dapat membunuh bakteri, virus, serta parasit. Ditambah kandungan nutrisinya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, buah sirsak dipercaya baik untuk membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.
  5. Mencegah pertumbuhan sel kanker


Di dalam buah sirsak, terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

Berbagai penelitian memang telah menunjukkan berbagai manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Namun, perlu diingat, manfaat sirsak tersebut baru diketahui berdasarkan hasil studi dari beberapa penelitian berskala kecil.

Buah sirsak boleh saja dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat karena memang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun, bila Anda hendak menggunakan suplemen atau pengobatan herbal yang mengandung ekstrak buah, daun, atau bagian lain dari tanaman sirsak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu terkait keamanan dan efektivitasnya.

 

Sementara itu, beberapa efek samping jika terlalu banyak mengkonsumai sirsak sebagai berikut:

1 Antidepresan

Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk depresi dan mengonsumsi obat-obatan untuk hal yang sama, Anda harus menghindari sirsak karena dapat meniadakan manfaat antidepresan tersebut.

 2. Infeksi

Menggunakan sirsak dalam waktu lama dapat menyebabkan perkembangan infeksi jamur dan jamur di tubuh.

 3. Penyakit Parkinson

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa zat kimia yang ada dalam sirsak juga terdapat pada manusia yang menderita penyakit Parkinson. Penderita gangguan saraf ini harus menghindari makan sirsak; kalau tidak, itu bisa memperburuk gejala.

 4. Mempengaruhi Sistem Kardiovaskular

Inilah salah satu efek samping sirsak yang serius. Dosis besar graviola dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular tubuh. Buah ini dikenal dengan efek depresannya. Jadi, orang yang menderita masalah jantung harus benar-benar menghindari penggunaannya.

 5.  Masalah Uterus

Konsumsi sirsak yang berlebihan dapat merangsang kontraksi rahim. Wanita hamil harus menghindari penggunaannya karena dapat menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

 6. Masalah Neurologis

Konsumsi sirsak dapat memicu perkembangan gangguan saraf.

Jika anda berencana untuk mengkonsumsi buah sirsak dalam bentuk mentah atau sebagai suplemen yang tersedia di pasaran, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ada beberapa manfaat memakan buah ini serta suplemen yang dibuat dengan menggunakannya. Tapi, perlu tetap waspada terhadap efek sampingnya. Ini terutama benar jika Anda menderita masalah kesehatan kritis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam dosis tinggi.

 7. Tingkat Tekanan Darah Rendah

Berdasarkan percobaan yang dilakukan pada hewan, ditemukan bahwa tanaman ini dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Tanaman ini juga bisa melebarkan pembuluh darah. Jadi, individu dengan tekanan darah rendah harus menghindari konsumsi sirsak dengan segala cara. Padahal, mereka yang sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi sirsak. Seperti produk alami lainnya, Anda juga harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang terkontrol. Overdosis dapat menyebabkan muntah dan mual.

 8. Gangguan Gerakan

Makan sirsak bisa memicu perkembangan gangguan gerak. (don)

Kita tentu tidak asing dengan buah sirsak. Selain nikmat untuk disantap ada banyak manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Manfaat buah dengan rasa manis dan asam ini tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Tapi siapa sangka kebanyakan maka

Loading...

Related Post