Dinas Pendidikan Serahkan Draft Silabus Mulok ke LKB

Dinas Pendidikan Serahkan Draft Silabus Mulok ke LKB
Ketua Umum LKB Beky Mardani dan Kadis Pendidikan Nahdiana saat proses penyerahan draft silabus mulok, di Dinas Pendidikan Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis 21 Januari 2021
Editor : Potan News — Minggu, 24 Januari 2021 09:54 WIB
terasjakarta.id
Kadis Pendidikan Nahdiana menyerahkan draft Komptensi Inti Komptensi Dasar (KIKD) dan Silabus muatan lokal (Mulok) di DKI Jakarta kepada Ketum LKB Beky Mardani di Dinas Pendidikan Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Kamis (21/1/2021).

Rampungnya KIKD dan Silabus Mulok itu setelah melalui perjalanan perjalanan panjang dan akhirnya masuk finish.

Draft KIKD dan silabus mulok ini di kerjakan oleh tim pokja yang di ketuai oleh Ibu Badariah. Draft ini sebelumnya sudah mendapat masukan dari tim dan pakar di Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). 

Kadis Pendidikan Nahdiana menyatakan, pihaknya masih berharap masukan dari LKB sebelum menjadi mata pelajaran di sekolah.

"Meski begitu kita masih meminta masukan dari LKB sebelum dibuatkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku bahan pelajaran," ujar Nahdiana.

"Semua mengacu pada Pergub Nomor 89 Tahun 2018 tentang mulok di Jakarta," tambahnya.  

Sementara itu Ketua Umum LKB Beky Mardani yang menerima langsung draft KIKD dan silabus mulok menyambut gembira selesainya draft itu.

"Alhamdulillah, selesai semua draft yang sudah kita tunggu ini. Kita di LKB segera mempelajari dan akan memberikan masukan apa yang diperlukan," kata Cing Beki biasa disapa.

menurut Cing Beki, silabus mulok untuk masa sekarang sangat dibutuhkan setiap daerah di tanah air. Sebab siswa yang mengetahui budaya dan karakeristik wilayahnya, itu akan lebih mudah dalam melestarikan budaya, terutama budaya Betawi.

"Dengan adanya mulok di sekolah dari SD, SMP dan SMA/SMK ini akan membuat upaya pelestarian dan pengembangan budaya betawi makin tersistem dan terprogram di sekolah, sehingga nilai-nilai budaya betawi makin di kenal sejak dini," ujar Cing Beki. 

"LKB berharap program ini dapat di lounching pada tanggal 2 Mei 2021 bersamaan dengan hari Pendidikan Nasional," pungkasnya (tan).

Dinas Pendidikan Serahkan Draft Silabus Mulok LKB

Loading...

Related Post