Cerita Menkes Sri Lanka yang Percaya Perdukunan hingga Ramuan Ajaib Anti Covid-19, Sekarang Positif Corona

 Cerita Menkes Sri Lanka yang Percaya Perdukunan hingga Ramuan Ajaib Anti Covid-19, Sekarang Positif Corona
Menteri Kesehatan Sri Lanka, Pavithra Wanniarachchi. (Foto: Facebook)
Editor : Donald News — Sabtu, 23 Januari 2021 16:40 WIB
terasjakarta.id


 

Cerita menarik datang dari Negeri Sri Lanka. Menteri Kesehatan (Menkes)  setempat Pavithra Wanniarachchi, dinyatakan positif terpapar Covid-19. Padahal, dia selama ini secara terang-terangan mendukung praktik perdukunan dan ramuan ajaib untuk menghentikan wabah di negaranya.

 Beberapa waktu lalu, Wanniarachchi mengklaim ramuan itu manjur sebagai inokulasi seumur hidup untuk melawan virus Covid-19. Ia bahkan  menuangkan sepanci air yang 'diberkati' ke sungai pada bulan November 2020 lalu, setelah seseorang yang menyebut dirinya orang suci memberitahu dirinya bahwa itu akan mengakhiri pandemi Covid-19.

Kabar terbaru yang dikutip dari ri AFP, Sabtu (23/1/2021),  Kementerian Kesehatan Sri Lanka mengumumkan Wanniarachshi dinyatakan positif Corona pada Jumat (22/1/2021) waktu setempat dan kini akan menjalani isolasi mandiri.

“”Hasil tes antigennya menyatakan positif dan dia diminta untuk mengisolasi dirinya sendiri," tutur seorang pejabat Kementerian Kesehatan Sri Lanka. "Semua kontak langsungnya telah dikarantina," imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, seorang menteri muda yang juga meminum ramuan ajaib yang dipopulerkan Wanniarachchi, dinyatakan positif Covid-19 pada awal minggu ini.

Para dokter di Sri Lanka menegaskan bahwa tidak ada dasar ilmiah untuk sirup yang disebut sebagai 'ramuan ajaib' itu. Ditegaskan juga oleh para dokter setempat bahwa tidak ada obat yang diakui sejauh ini.

Akan tetapi, ribuan orang di Sri Lanka nekat melanggar pembatasan Covid-19 dengan membanjiri sebuah desa setempat, bulan lalu, untuk mendapatkan ramuan yang diracik oleh seorang tukang kayu bernama Dhammika Bandara, yang mengklaim dirinya sebagai pria suci. (don)

 



Menkes Sri Lanka Pavithra Wanniarachch dinyatakan positif terpapar Covid-19. Padahal dia selama ini terang-terangan mendukung praktik perdukunan dan ramuan ajaib untuk menghentikan wabah di negaranya.

Loading...

Related Post