Ketum LKB Beky Mardani: Buku Kumpulan Cerpen “Rumah Ini Punya Siapa?” Saya Seperti Terlempar ke Lorong Waktu

Ketum LKB Beky Mardani: Buku Kumpulan Cerpen “Rumah Ini Punya Siapa?” Saya Seperti Terlempar ke Lorong Waktu
Ketua umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beky Mardani (ist)
Editor : Potan Berita Anda — Sabtu, 23 Januari 2021 11:58 WIB
terasjakarta.id

Seorang penulis asal Jakarta Fadjriah Nurdiarsih, baru saja meluncurkan buku kumpulan cerpen pertamanya berjudul “Rumah Ini Punya Siapa?”. Buku yang memuat 20 cerita pendek ini merupakan buku pertamanya yang sebagian besar berkisah soal masyarakat urban Jakarta dan Betawi. 

Dalam acara peluncuran buku itu diikuti oleh 370-an peserta dengan berbagai macam latar belakang. Mulai dari mahasiswa, guru-guru, kepala sekolah, pegiat literasi, peminat kebudayaan Betawi, hingga aktivis Betawi. Acara berlangsung melalui Zoom dan live streaming YouTube Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta pada Jumat (22/01/2021).

Ketua umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Beky Mardani, yang turut dalam peluncuran buku tersebut mengatakan, LKB mendukung penuh terlaksananya kegiatan peluncuran buku Rumah Ini Punya Siapa?.

Hal tersebut lantaran sangat bermanfaat dalam membumikan kisah-kisah di kampung-kampung Betawi pada saat itu, yang sangat kental kedekatannya dengan kehidupan kita sehari-hari. 

“Cerita-cerita Fadjriah membawa saya ke masa lalu dan saya seperti terlempar ke lorong waktu saat membacanya. Ceritanya aktual, sederhana, dan memuat problem keseharian yang ternyata berulang dari waktu ke waktu,” kata Cing Beky biasa disapa.

Sementara ituFadjriah yang juga seorang editor mengaku hanya mencoba menuliskan apa yang ia tahu dan paham, serta yang dekat dengannya. Ia mengaku tak masalah disebut sastrawan Betawi, meski lebih suka disebut penulis.

"Saya menulis dari hal-hal yang dekat dengan saya, tapi tidak hanya itu. Kadang saya juga terpengaruh dengan buku yang saya baca. Sebab, membaca adalah sebagian besar kerja menulis. Sebagai editor, saya juga seringkali merasa ingin mengedit cerita-cerita saya. Ini penyakit," katanya. (tan)

Ketum LKB Beky Mardani Buku Kumpulan Cerpen Rumah Ini Punya Siapa Saya Seperti Terlempar ke Lorong Waktu

Loading...

Related Post