Anda Ingin Berwisata Sambil Uji Nyali? Ayo, ke Lawang Sewu

 Anda Ingin Berwisata Sambil Uji Nyali?  Ayo,  ke Lawang Sewu
Bangun Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah (Istimewa)
Editor : Donald Traveling — Sabtu, 23 Januari 2021 00:27 WIB
terasjakarta.id


Di Amerika Utara dan Eropa wisata hantu sangat populer. Namun di Indonesia wisata anti-mainstream ini masih terbilang baru. Setelah beberapa travel agen wisata menawarkan paket wisata horor. 

Dalam paket wisata ini, wisatawan diajak mengunjungi lokasi-lokasi penampakan makhluk astral, yang jadi perbincangan warga kota.

Dari situlah lahir tema legenda urban atau urban legend. Paket wisata itu untuk menelusuri tempat-tempat yang memiliki kisah horor dalam budaya urban di Jakarta.

Salah satu rujukan wisata horor yang amat dikenal adalah Wisata Bangunan sejarah Lawang Sewu di Semarang. Obyek tua dan bersejarah ini dulunya hanya dinikmati traveler pecinta horor.

Nah, bagi kamu pecinta horor yang sedang atau akan berencana ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke Lawang Sewu.

Lawang Sewu, dalam bahasa Indonesia memiliki arti pintu seribu. Julukan tersebut lahir dari masyarakat karena banyaknya pintu dan jendela yang berukuran besar.

Dulu, sejarahnya, Lawang sewu merupakan kantor kereta api Belanda NIS atau Nederlandsche Indische Spoorweg Maschaappij. Lawang sewu, pertama kali dibangun pada 27 Februari 1904 dan selesai pada tahun 1907.

Konon, gedung peninggalan Belanda ini menyimpan banyak sekali kisah misteri yang bikin bulu kuduk merinding

Gedung tua ini juga jadi saksi bisu dari pertempuran sengit antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang demi mengambil alih jalur kereta api. Setidaknya, belasan pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran ini dan dimakamkan tepat di halaman gedung.

Penduduk Semarang lalu menyebut gedung ini dengan nama Lawang Sewu karena terdapat banyak sekali pintu. Sebenarnya jumlah pintunya hanya sekitar 342 saja, tapi karena sangat banyak akhirnya masyarakat setempat menyebut Lawang Sewu atau Pintu Seribu.

Sebagai gedung tua peninggalan Belanda, tak heran banyak cerita-cerita seram seputar Lawang Sewu. Cerita seram Lawang Sewu pun tak cuma populer di wilayah Semarang saja, penduduk luar daerah tak jarang secara sengaja datang atau berwisata ke Lawang Sewu untuk merasakan keangkerannya.

Konon, setiap wilayah di gedung Lawang Sewu terdapat makhluk halus berbagai macam, mulai dari Kuntilanak, Gondoruwo, Arwah Tentara, hingga Nonik Belanda.

Salah satu ruangan yang dikenal paling angker adalah sebuah lorong yang berada di bawah gedung. Di masa pemerintahan Belanda, lorong bawah tanah itu difungsikan sebagai aliran air yang dapat menyejukkan suasana Lawang Sewu.

Namun saat Jepang menduduki wilayah Indonesia, mereka menggunakan lorong tersebut sebagai penjara. Lorong yang hanya setinggi 0,5 meter tersebut, membuat para tahanan hanya bisa jongkok sambil menahan dingin dari air yang mengalir. Banyak tahanan yang akhirnya tewas akibat tak kuat menahan penderitaan selama dalam penjara jongkok.

Konon keangkeran Lawang Sewu mulai dirasakan ketika banyak rakyat Indonesia dan tentara Belanda yang mati secara tragis di sini. Mau bukti ? Ayo, uji adrenalin Anda! (adt)

Jika Anda ingin berlibur sambal uji nyali silakan datang ke bangunan tua Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah. Gedung peninggalan Belanda ini menyimpan banyak sekali kisah misteri yang bikin bulu kuduk merinding.

Loading...

Related Post