Respon Pidato Calon Kapolri, Polda Metro Jaya Bakal Hapuskan Tilang Jalan

Respon Pidato Calon Kapolri, Polda Metro Jaya Bakal Hapuskan Tilang Jalan
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo (ist)
Editor : Potan News — Jumat, 22 Januari 2021 20:49 WIB
terasjakarta.id

Polda Metro Jaya bakal menghapus tilang jalan. Demikian dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo.

Penghapusan ini sebagai respon komitmen calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit untuk memperbaiki mekanisme tilang menjadi serba elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Lebih lanjut Sambodo mengatakan, tilang tatap muka di jalan bertahap akan dikurangi.

“(Tilang di jalan dihapus) secara bertahap karena mudah-mudahan ke depan akan tambah banyak lagi,” kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Jumat (22/1/2021).

Sebelumnya, calon kapolri yang telah disetujui DPR RI Komjen Pol Listyo Sigit menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki mekanisme tilang menjadi serba elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Ia bahkan ingin mengurangi tilang tatap muka atau tilang langsung oleh anggotanya di jalanan.

“Ke depan, saya harapkan anggota lalin (lalu lintas) turun ke lapangan, kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri,” kata Listyo saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Listyo menjelaskan, mengurangi interaksi dalam proses penilangan perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan personel ketika menjalankan tugasnya di lapangan. (adt)

Respon Pidato Calon Kapolri Polda Metro Jaya Bakal Hapuskan Tilang Jalan

Loading...

Related Post