Gunung Raung di Jember Muntahkan Gas Panas, Warga Diminta Waspada

Gunung Raung di Jember Muntahkan Gas Panas, Warga Diminta Waspada
ist
Editor : Potan News — Jumat, 22 Januari 2021 20:08 WIB
terasjakarta.id

Gunung Raung sejak Kamis (21/01/2021) kemarin, mulai menunjukkan gejala aktif, gunung yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi tersebut mulai memuntahkan gas panas.

Danramil 0824/05 Sumberjambe Lettu Inf M Hari Yuwono berdasarkan laporan yang diterima menyebutkan, bahwa aktifitas di puncak gunung terlihat hembusan gas dengan asap berwarna putih sebanyak 2 kali pada 20/01/2021 intensitas sedang tinggi 100-200 meter. Hal yang sama juga terjadi pada Kamis kemarin kembali menghembuskan gas warna kelabu setinggi 100-400 meter.

Berdasarkan Surat Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral RI Badan Geologi nomor: 16.lap/GL.05/BGV/2020 tanggal 21/01/2021 tuang ditanda tangani Kepala Badan Geologi dan Pusat Vulkanologi Kasbani,  tentang pemberitahuan kenaikan level Gunung Raung, dari normal (level -I) menjadi Waspada (Level-II), yang di dasarkan atas hasil pengamatan selama beberapa terhadap aktivitas kawah oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA).

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Dandim 0824/Jember Letkol Inf LaOde Muhammad Nurdin, memerintahkan jajarannya yang berbatasan dengan lereng Gunung Raung dan berpotensi terdampak, untuk terus melakukan monitoring.

"Adakan koordinasi lebih intensif dengan lintas terkait termasuk petugas PPGA, lakukan tindakan tanggap darurat manakala perkembangan aktivitas gunung  semakin meningkat," tegas Dandim 0824/Jember. (tan)






Gunung Raung Jember Muntahkan Gas Panas Warga Diminta Waspada

Loading...

Related Post