Ayo, Tengok Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah di Ciracas, Jaktim

Ayo, Tengok Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah di Ciracas, Jaktim
arga Kecamatan Ciracas yang mendapat pelatihan pembuatan sabun. (ist)
Editor : Donald Rumah Rakyat — Jumat, 22 Januari 2021 16:04 WIB
terasjakarta.id


Pemberdayaan terhadap potensi masyarakat terus digalakkan. Apalagi di zaman susah pandemi covid-19, masyarakat diberikan pelatihan yang bisa mendapatkan nilai tabah secara ekonomi.

Seperti yang dialami warga di kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Mereka  mendapatkan pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah. Dengan pelatihan yang diberikan, diharapkan bisa menambah pemasukan mereka ditengah pandemi Covdi-19 yang hingga kini masih melanda.

Hak ini disampaikan Camat Ciracas, Mamad. Ia mengatakan, pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah itu diberikan oleh kader PKK kepada warga.

Harapannya, melalui kegiatan itu bisa menambah pemasukan warga ditengah kondisi pandemi yang terjadi saat ini. "Warga yang ikut merupakan perwakilan dari setiap kelurahan yang ada di wilayah Ciracas," katanya, Jumat (22/1).

Dikatakan Mamad, dalam pelatihan itu warga diajarkan cara membuat sabun dari minyak jelantah. Dan karena saat ini pandemi warga dilatih membuat sabun dengan jenis hand sanitizer. "Karena hingga saat ini hand sanitizer masih sangat diperlukan baik di rumah maupun di perkantoran," ujarnya.

Dikutip dari Poskota.co.id  Mamad menjelaskan, selain bisa menambah pemasukan, bahan baku minyak jelantah yang didapat dari warga juga bisa mengurangi pencemaran. Karena nantinya tak ada lagi minyak bekas goreng itu yang dibuang sembarangan di saluran air. "Karena ini bisa bermanfaat dengan diolah menjadi sabun," ungkapnya.

Melalui hal itu, kata Mamad, pastinya tak akan adalah pencemaran lingkungan dari minyak jelantah yang dibuang sembarangan. Dan dengan hal ini juga bisa merubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat dengan lingkungan yang asri. "Mulai sekarang kita harus merubah persepsi tersebut karena mencemari lingkungan. Jadi kita buat inovasi rubah perilaku warga,” kata Mamad.

 Mamad menambahkan, program pelatihan ini dilakukan melalui program Sedekah Minyak Jelantah yang sudah dilakukan selama sebulan lalu. Dimana kegiatan itu juga didukung oleh seluruh Kelurahan di wilayah Kecamatan Ciracas. "Dan agar program ini berjalan dengan baik kami menggandeng CSR (Corporate Social Responsibility) dari Yayasan T-Care dan Yayasan Rmah Foto," pungkasnya. (don)

 

Warga di kecamatan Ciracas Jakarta Timur mendapatkan pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah. Dengan pelatihan yang diberikan diharapkan bisa menambah pemasukan ditengah pandemi Covdi-19.

Loading...

Related Post