Bir Pletok, Terinsipirasi dari Minuman Bangsawan Belanda.

 Bir Pletok, Terinsipirasi dari Minuman Bangsawan Belanda.
Bir Pletok, minuman khas betawi (Istimewa)
Editor : Donald Jakarta Food — Kamis, 21 Januari 2021 15:30 WIB
terasjakarta.id


Minuman Bir Pletok adalahsSalah satu warisan kuliner khas Betawi yang  hingga kini masih eksis dan tersedia di di banyak perayaan, seperti pernikahan atau khitanan misalnya.

 Terkadang ada juga pedagang kaki lima dan restoran-restoran tertentu yang menyuguhkan bir pletok.

Meski diawal dengan nama bir yang identic dengan minuman beralkohol, namun bir pletok sama sekali tidak mengandung alcohol justru mengandung rempah-rempah yang menyehatkan tubuh.

Yah, minuman berwarna merah yang bikin hangat badan ini murni dibuat dari rempah-rempah kas Indonesia seperti jahe, sereh, kapulaga, cengkeh, biji palah, lada,kayu manis dan lainnya. Sisannya adalah  air dan gula. Perpaduan rempah yang wangi, pedas, dan manis plus rasa-rasa khas dari beberapa rempah lainnya membuat rasa bir pletok ini khas sekali.

Siapa sangka, asal muasal bir pletok ini terinsipirasi dari minuman bangsawan Belanda tempo dulu. Kaum bangsawan Belanda senang  berkumpul santai setelah pulang kerja sambil minum bir untuk melepas lelah dan penat.

Pemandang ini dilihat oleh orang-orang Betawi ketika itu. Lalu, mereka terinspirasi  ingin meracik sendiri bir yang tanpa alcohol, karena alasan prinsip dan keyakinan.

Setelah berhasil meracik sebuah minuman ala-ala bir yang dirasa pas rasanya, awalnya minuman ini disajikan hangat. Namun seiring berjalannya waktu, minuman kaya rempah ini dijual dalam wadah bambu dan diberi es batu. Nah, kata “pletok” sendiri berasal dari suara es batu yang bertemu wedang panas tersebut.

Dulunya, bir pletok diracik dengan rempah-rempah sederhana seperti jahe, daun pandan, lada, dan kayu secang. Namun sekarang, biar rasanya makin mantap, bir pletok juga menggunakan tambahan pala, kapulaga, cengkeh, serai, kayu manis, dan daun jeruk purut. Warna merah dari bir pletok sendiri asalnya dari kayu secang yang muncul ketika dimasukkan dalam rebusan air.

Tidak cuma menghangatkan badan, bir pletok juga bisa melancarkan peredaran darah, menambah stamina, hingga meredakan flu atau demam. (don/dari berbagai sumber)

Minuman Bir Pletok adalahsSalah satu warisan kuliner khas Betawi yang hingga kini masih eksis dan tersedia di di banyak perayaan seperti pernikahan atau khitanan misalnya.

Loading...

Related Post