Lima Manfaat Tanaman Hias Bagi Tubuh

Lima Manfaat Tanaman Hias Bagi Tubuh
ist
Editor : Potan News — Kamis, 21 Januari 2021 13:09 WIB
terasjakarta.id

Sebuah studi dari NASA menyebutkan bahwa membawa tanaman hias sehari-hari ke lingkungan yang tertutup seperti di rumah bisa menjadi trik untuk membuat seseorang lebih berenergi dan segar.

Dengan menggunakan filter dan wadah karbon yang diformulasikan secara khusus, NASA menemukan bahwa tanaman bisa mengeluarkan racun dan bakteri berbahaya dari udara dan mengubahnya menjadi jaringan tanaman baru.

Sementara penelitian ini dilakukan di laboratorium, penelitian ini menemukan beberapa data menarik tentang kekuatan tanaman hias seperti untuk kesehatan. Berikut paparan lengkapnya:

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Sama seperti berolahraga, atau berada di ruang terbuka hijau yang luas, penelitian menunjukkan bahwa merawat tanaman hidup dapat secara signifikan mengurangi perasaan cemas dan stres ringan, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology.

Interaksi aktif dengan tanaman dalam ruangan, seperti menyentuh dan mencium, dapat mengurangi stres fisiologis dan psikologis.Terlebih lagi, bahkan pot tanah dapat membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan harian.

2. Memerangi iritasi kesehatan ringan

Tanaman hias biasa, seperti dracaena atau peace lily dapat menambah kelembapan rumah Anda, dan bahkan dapat membantu mengatasi keluhan kulit kering dan mata gatal.Khususnya di musim dingin, ketika kita sering tinggal di dalam dan menggunakan pemanas buatan, tanaman hias dapat mengurangi efek kekeringan melalui proses transpirasi.

Selama siklus ini, tanaman kehilangan daunnya, melepaskan air ke udara, yang menciptakan lingkungan yang lebih lembap.

3. Mendorong tidur yang sehat

Saat kita tidur, kita cenderung dibatasi pada dinding rumah. Namun, untungnya, banyak tumbuhan yang diketahui dapat meningkatkan emisi oksigennya di malam hari dan menghirup karbondioksida yang kita hasilkan saat tidur.

Peningkatan aliran oksigen sangat penting untuk malam yang nyenyak, karena memastikan kita dapat bernapas secara merata, mendorong pembaruan sel, dan dapat menenangkan gejala gangguan tidur umum seperti sleep apnea.

4. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas

Sebuah studi yang dilakukan di Chelsea Flower Show oleh University of Exeter menemukan bahwa melengkapi kantor dengan tanaman hijau dapat membantu meningkatkan kesejahteraan staf hingga 47%.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengizinkan staf membuat keputusan desain di ruang kerja, dilengkapi dengan tanaman, dapat meningkatkan kesejahteraan hingga 47%, meningkatkan kreativitas sebesar 45%, dan meningkatkan produktivitas sebesar 38%," kata penelitian itu.

5. Mendorong perasaan kasih sayang

Tanaman hias yang hidup membawa organisme hidup ke rumah Anda. Ini meningkatkan rasa kasih sayang dan dorongan untuk memelihara seperti memberi Anda memiliki tujuan.

Meskipun tuntutan Anda terhadap tanaman hias tidak terlalu signifikan, Anda tetap dapat merasakan tanggung jawab.Jika Anda lupa menyiram tanaman secara tidak sengaja, ini akan membawa perasaan bersalah. (tan)

Lima Manfaat Tanaman Hias Bagi Tubuh

Loading...

Related Post