Dapatkan 7 Manfaat Konsumsi Jahe Merah Secara Teratur

Dapatkan 7 Manfaat Konsumsi Jahe Merah Secara Teratur
Jahe Merah
Editor : Potan Jakarta Food — Kamis, 21 Januari 2021 11:41 WIB
terasjakarta.id

Jahe merah sendiri merupakan salah satu jenis jahe yang umum dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan?

Berbeda dari jenis jahe putih biasa, seperti namanya, jahe ini berwarna kemerahan di bagian luar. Penggunaan jahe merah pun agak berbeda dari jahe pada umumnya yang biasa diolah sebagai bumbu masakan.

Jahe merah lebih banyak digunakan untuk pengobatan. Rasanya juga lebih pedas dan pahit ketimbang jahe biasa. Rempah dengan sensasi hangat ini mengandung senyawa berkhasiat seperti shoganol, gingerol, zingeron dan masih banyak lagi. Jahe merah biasanya dijadikan tambahan minuman hangat untuk mendapatkan khasiatnya.

Ini tujuh manfaat kesehatan jahe merah:

1. Menghangatkan Tubuh
Kandungan gingerol pada jahe merah sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Setelah meminumnya tubuh akan merasa lebih nyaman, terutama saat musim hujan, atau terkena pilek dan flu.

2. Menambah Nafsu Makan dan Mengatasi Mual
Salah satu khasiat jahe merah adalah menghilangkan gas berlebih pada saluran usus. Maka dari itu jahe merah bisa meringankan rasa mual saat hamil yang akhirnya membantu menambah nafsu makan.

3. Menyehatkan Jantung
Mengonsumsi jahe merah secara teratur bisa mengurangi kolesterl dan kadar trigliserida --penyebab utama penyakit jantung-- dalam tubuh. Maka dari itu air jahe merah hangat bisa membantu menyehatkan jantung.

4. Jahe Merah Meredakan Sakit Kepala
Jahe merah mengandung kamfena, zat yang memberi rasa pedas dan efek hangat saat dikonsumsi. Zat ini pula yang membantu meredakan sakit kepala jika diminum secara teratur.

5. Jahe Merah Meredakan Batuk
Rasa hangat saat minum air jahe merah bisa membuat tenggorokan lebih nyaman serta membantu mengencerkan dahak serta lendir saat pilek. Minum jahe merah bisa meredakan batuk pada anak maupun orang dewasa.

6. Mencegah Gangguan Pencernaan
Kandungan zat aktif bernama zingeron pada jahe merah mampu menghambat pembentukan enzim yang memicu peradangan pada saluran pencernaan. Minum seduhan jahe merah bisa menghangatkan, menyamankan dan mengurangi rasa mual.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ekstrak jahe merah bisa mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh. Sehingga daya tahan tubuh jadi lebih kuat. (tan)



Dapatkan 7 Manfaat Konsumsi Jahe Merah Secara Teratur

Loading...

Related Post