Disetujui Jabat Kapolri, Listyo Sigit Bakal Bentuk Polisi Dunia Maya Gaet Influencer

Disetujui Jabat Kapolri, Listyo Sigit Bakal Bentuk Polisi Dunia Maya Gaet Influencer
ist
Editor : Potan News — Rabu, 20 Januari 2021 16:00 WIB
terasjakarta.id

Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR pada Rabu (20/1/2021).

Seluruh fraksi menyatakan setuju Komjen Pol Listyo Sigit sebagai Kapolri dan juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Pol Idham Azis dari jabatan Kapolri.

Dalam uji kompetensi tersebut, Listyo Sigit merancang program pembentukan polisi dunia maya atau virtual police. Influencer akan dilibatkan untuk turut serta menyuarakan edukasi ke masyarakat.

Satuan ini disebut berbeda dengan cyber police atau polisi siber yang selama ini melakukan penegakan hukum terkait pelanggaran di dunia maya.

Listyo mengatakan, salah satu programnya ke depan yakni penguatan partisipasi masyarakat dalam skema masyarakat informasi di ruang siber.

Hal tersebut akan dioptimalkan melalui kampanye siber guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan data pribadi dan budaya etika bermedia sosial.

"Tentu tanpa menutup ruang kreativitas disertai dengan pelibatan polisi dunia maya atau virtual police," ujar Listyo saat mengikuti uji kiepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).

Listyo menjelaskan, selama ini masyarakat lebih mengenal cyber police sebagai satuan penegak hukum. Virtual police nantinya akan lebih mengarah pada hal-hal yang bersifat edukasi kepada masyarakat.

Ia mengatakan, dalam program ini, pihaknya akan melibatkan influencer untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam bermedia sosial.

"Pembelajaran melibatkan masyarakat, melibatkan influencer yang mempunyai follower cukup banyak untuk berikan edukasi tentang bagaimana beretika, berbudaya yang baik dalam penggunaan media sosial," ujarnya. (adt)

Disetujui Jabat Kapolri Listyo Sigit Bentuk Polisi Dunia Maya Influencer

Loading...

Related Post