Polisi Tangkap Produsen Kosmetik Ilegal di Penjaringan Jakut

Polisi Tangkap Produsen Kosmetik Ilegal di Penjaringan Jakut
ist
Editor : Potan Berita Anda — Selasa, 19 Januari 2021 18:15 WIB
terasjakarta.id

Polres Jakarta Utara menangkap produsen kosmetik ilegal di salah satu klinik kecantikan yang berlokasi di Pluit Kencana Raya, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut).

Tersangka ditangkap pada Kamis, 13 Januari 2021 sekitar pukul 18.15 WIB. Pelaku merupakan seorang perempuan berinisial R alias I yang berprofesi sebagai ahli kecantikan.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Halomoan Siregar mengatakan bahwa usaha ilegal milik tersangka R alias I sudah berjalan 10 tahun.

"Tersangka tidak memiliki keahlian kefarmasian dalam melakukan kegia tan produksi kosmetika," kata Krisno dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Polisi mendatangani sejumlah lokasi atau TKP pertama di Klinik kecantikan IVA Skin Care, Jalan Pluit Kencana Raya Penjaringan, Jakut sebagai tempat peredaran (menjual).

"Lokasi kedua adalah rumah di Jalan Bandengan Selt RT 001/002, Penjagalan, Kecamatan Penjaringan - Jakut sebagai tempat produksi," ujarnya.

Selanjutnya polisi mendatangi lokasi ketiga di Pergudangan Sentra Industri terpadu 1 Blok B Nomor 1 Kamal Muara, Penjaringan - Jakut sebagai tempat produksi.

"Setelah tim mengembangkan temuan tersebut dan berhasil menemukan tempat produksi di sebuah rumah dan berhasil menyita bahan-bahan kimia (prekursor) dan alat-alat mesin yang diduga digunakan untuk memproduksi kosmetik ilegal," ungkapnya.

Krisno menambahkan, kosmetika dijual atau diedarkan di dalam IVA milik tersangka dan juga melalui online.

Atas perbuatannya, R alias I diduga melanggar Tindak Pidana pasal 197 subsidair pasal 196 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Karena diduga memproduksi dan mengedarkan beberapa produk kosmetik ilegal tanpa izin BPOM.

Dari tangan R alias I, petugas juga telah berhasil mengamankan puluhan produk kosmetik ilegal, bahan baku kimia, dan mesin alat produksi yang saat ini sudah disita petugas. (adt)

Polisi Tangkap Produsen Kosmetik Ilegal Penjaringan Jakut

Loading...

Related Post