Jelajahi ‘Piramida yang Hilang’ di Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

Jelajahi ‘Piramida yang Hilang’ di Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur
ist
Editor : Potan Traveling — Selasa, 19 Januari 2021 14:30 WIB
terasjakarta.id

Gunung Padang adalah salah satu situs megalitik tertua dan terbesar di Asia Tenggara. Sejumlah pencinta pseudosains bahkan meyakini tempat ini dulunya adalah piramida yang bertengger di atas bukit, terkubur di bawah tanah, dan sudah berusia hingga 9.000 - 20.000 tahun lalu!

Yah, kamu perlu mendaki menaiki jalanan berbatu selama 20 menit untuk sampai puncaknya. Pengunjung akan disambut oleh sebuah pohon besar di tengah alun-alun pertama sekaligus yang terbesar.

Semakin kamu naik tinggi, jalannya semakin kecil sampai Anda mencapai puncaknya, simbol untuk menaiki kekuasaan dalam masyarakat di masa lalu.

Gunung Padang terdiri dari lima teras, dimana pada teras atau puncak yang tertinggi dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat untuk bersemedi, selain itu batu-batu di Gunung Ini ada yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian seperti alat musik.

Pada awalnya situs gunung padang merupakan tempat yang keramat bagi para warga sekitar. Mereka beranggapan bahwa tempat ini adalah tempat dimana Prabu Siliwangi membangun istananya. Namun seiring waktu, penelitian menujukkan bahwa lokasi ini merupakan bukti peninggalan kebudayaan pada zaman megalitikum.

Meskipun sudah dilakukan berbagai penelitian, namun situs gunung Padang ini masih menyimpan misteri didalamnya. Salah satunya belum diketahuinya usia dari situs ini, bahkan sebagian kalangan menyebut bahwa situs ini lebih tua dari pada piramida Mesir.

Konon, situs gunung padang lebih tua dibanding piramida di Mesir, yang ada sejak 2.500 SM.

Obyek wisata Gunung Padang Cianjur ini tepatnya ada di Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jarak dari kota Sukabumi ke Gunung misterius ini sekitar 30 km. Sebagian jalan menuju kawasan ini sudah berupa jalan aspal yang mulus, tetapi sebagian lagi sedang dalam proses pengecoran dan perluasan jalan.

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke situs bersejarah ini bisa mneggunakan berbagai moda tranportasi sesuai dengan titik keberangkatannya. Bila berangkat dari luar kota pengunjung bisa mnengunakan kendaraan pribadi, bus bahkan kereta api yang menuju ke Cianjur.

Kemudian, pengunjung yang memulai perjalanan dari Cianjur bisa menggunakan rute melalui jalan Cianjur-Sukabumi menuju Bebedahan. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Lampegan hingga ke lokasi Gunung padang.

Lokasi gunung padang ini ditandai dengan gaoura besar yang bertuliskan situs Megalith. Jarak dari area parkir ke gunung padang lumayan cukup jauh, maka dari itu pengunjung bisa menggunakan jasa ojek bila tidak ingin capek capek berjalan kaki. (adt)

Jelajahi Piramida yang Hilang Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur

Loading...

Related Post