Beberapa Wilayah di Indonesia Dilanda Bencana, Rico Tagih Keterlibatan Langsung Mensos

Beberapa Wilayah di Indonesia Dilanda Bencana, Rico Tagih Keterlibatan Langsung Mensos
Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga
Editor : Potan News — Senin, 18 Januari 2021 20:42 WIB
terasjakarta.id

Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga menagih keterlibatan Menteri Sosial, Tri Rismaharini secara langsung di lokasi Bencana. Saat ini, beragam bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor hingga gunung meletus terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

"Saat ini musibah di banyak tempat yang memerlukan keterlibatan langsung (bukan retorika) Kementrian Sosial. Ini saatnya Risma untuk pencitraan kalau dia hebat dan tulus akan jiwa sosialnya," ujar Rico di Jakarta, Senin (18/1/2021).

Menurutnya, dari berbagai foto dan video yang beredar di media massa dan media sosial, tidak terlihat keterlibatan Risma secara langsung di lokasi bencana. Padahal, katanya, jika Risma mau top seperti kelihatan kerja, kelihatan sibuk sesuai tupoksi ya, momentum bencana ini saatnya meski tidak diinginkan semua pihak terjadi bencana.

"Ini momennya Risma turun langsung ke lapangan lalu foto-foto dan video agar Viral. Saya rajin nonton TV One CNN TV dll, nggak nongol Risma terkait musibah-musibah saat ini. Memang ada sekejap datang ke salah satu lokasi bencana, tapi di tempat lainnya nggak nongol," katanya.

Sebagai Menteri Sosial, Risma didorong untuk mengasah kembali jiwa sosialnya agar lebih peka. Dikatakan Rico, jika urusan sampah dan sejenisnya diserahkan saja ke petugas yang paling berwenang yang lebih profesional.

Dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada 136 bencana alam terjadi di Indonesia sepanjang 1-16 Januari 2021. Dari sekian banyak bencana alam itu, sudah merenggut 80 korban jiwa dan 858 orang luka-luka.

Bencana alam terbanyak yang terjadi adalah banjir sebanyak 95 kejadian, tanah longsor 25 kejadian, puting beliung 12 kejadian, gempa bumi 2 kejadian dan gelombang pasang 2 kejadian. Akibatnya, sebanyak 405.584 orang terdampak dan mengungsi.

Kejadian bencana alam tersebut belum memasukkan data awan panas gunung Semeru yang belakangan terjadi. Sementara bencana alam besar yang baru-baru saja terjadi yakni gempa di Majene Sulawesi, dan banjir di Kalimantan Selatan. (adt)

Beberapa Wilayah di Indonesia Dilanda Bencana Rico Tagih Keterlibatan Langsung Mensos

Loading...

Related Post