Setelah Puncak Diawasi Ketat, Pemkab Bogor Perluas Penutupan ke Cibinong

 Setelah Puncak Diawasi Ketat, Pemkab Bogor Perluas Penutupan ke Cibinong
Bupati Bogor Ade Yasin memperluas penutupan jalan ke Cibinong (Istimewa)
Editor : Donald Berita Anda — Minggu, 17 Januari 2021 22:51 WIB
terasjakarta.id


Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satgs Covid-19  Kabupaten Bogor serius melakukan pengetatan di wilayah tersebut selama masa Penerapan Pembatasan Kegitan Masyarakat (PPKM). Setelah melakukan patrol rutin di kawasan puncak, kini  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, memperluas penutupan jalan di Kawasan Stadion Pakansari, Cibinong.

"Mulai pukul 19.00 WIB sampai 05.00 WIB guna menghindari kerumunan masyarakat dan membatasi mobilisasi selama PPKM," ungkap Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Minggu (17/1/2021).

Penutupan ruas jalan dari Stadion Pakansari ke Jalan Raya Bogor-Jakarta yang sudah dilakukan sejak awal pandemi, kini diperluas ke arah Jalan Raya Tegar Beriman yang merupakan pusat perkantoran Pemkab Bogor.

Penutupan yang dilakukan sejak Minggu (17/1/2021) malam ini tepatnya dilakukan dari titik SPBU Pakansari hingga Stadion Pakansari atau sepanjang Jalan Kolonel Edioso Martadipura.

Bupati Ade Yasin telah menetapkan PPKM di wilayahnya mulai 11-25 Januari 2021 melalui Keputusan Bupati (Kepbup) bernomor 433/14/Kpts/Per-UU/2021 tentang perpanjangan kedelapan pembatasan sosial berskala besar pra-adaptasi kebiasaan baru (PSBB Pra-AKB).

Beberapa aturan di dalamnya mengatur pusat perbelanjaan dan tempat makan wajib tutup pukul 19.00 WIB, dan mewajibkan perkantoran memberlakukan bekerja dari rumah atau work form home (WFH) 75%.

Membatasi kapasitas rumah ibadah 50 persen, membatasi kapasitas rumah makan hanya 25% layanan makan di tempat, serta melaksanakan sekolah secara daring atau online.

Seperti diketahui, sebelumnya petugas gabungan menggelar patrol malam di kawasan Puncak selama masa PPKM. Lokasi-loksi yang masih melakukan akstivitas sesuai batas waktu yang ditentukan akan ditutup paksa.

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan, pihaknya akan semakin intensif menggelar patroli pengawasan dan penindakan, khususnya di kawasan, Cibinong, Puncak dan Sentul "Dalam patroli ini kita mengerahkan satu peleton Sabhara, satu peleton Sat Pol PP, satu regu BPBD dan satu regu personel Kodim 0621 diterjunkan dalam kegiatan PPKM di Sabtu malam pada 16 Januari 2021," katanya. 

Ia menjelaskan,petugas yang melakukan patrol akan memberikan imbauan kepada masyarakat dengan memberikan peringatan menggunakan pengeras suara, imbauan secara langsung, dan membubarkan aktivitas masyarakat yang menimbulkan keramaian

"Kami terus melakukan kegiatan pengawasan dan penindakan PPKM bersama Satgas Covid-19. Kami imbau seluruh warga masyarakat tetap patuh dalam kegiatan PPKM ini, demi kebaikan bersama". Ungkap Kapolres Bogor AKBP Harun.
Di Kabupaten Bogor, jelasnya, pihaknya telah menyiapkan 83 titik check point atau pos pemeriksaan demi mengawal kepatuhan masyarakat terhadap PPKM. "Sebanyak 83 titik (check point), jadi di setiap kecamatannya ada 2 sampai 3 titik pemeriksaan," katanya.

Puluhan titik check point itu disiapkan karena Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang luas, yakni 40 kecamatan dengan jumlah penduduk yang mencapai 6 juta jiwa, atau terbanyak di Indonesia pada tingkat Kabupaten/Kota.

Menurutnya, kawasan Puncak, Cisarua menjadi wilayah yang menjadi fokus pemeriksaan. Hal ini mengingat Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, kerap kali ramai dikunjungi wisatawan terlebih pada akhir pekan. (don)

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memperluas penutupan jalan di Kawasan Stadion Pakansari Cibinong hingga ke Jalan Tegar Beriman mulai pukul 19.00 hingga pukul 05.00. Warga yang tidak punya kegiatan mendesak diminta untuk tak melinytas di kawasan itu

Loading...

Related Post