Korban Gempa Mamuju Meminta Bantuan Lewat Facebook Malah Ditertawai Netizen, Istrinya Meninggal

Korban Gempa Mamuju Meminta Bantuan Lewat Facebook Malah Ditertawai Netizen, Istrinya Meninggal
Petugas Basarnas sedang mengevakuasi korban gempa Mamuju, Sulbar (APphoto)
Editor : Donald News — Minggu, 17 Januari 2021 11:06 WIB
terasjakarta.id

Sebuah kisah miris terjadi dalam musibah gempa bumi yang melanda Mamuju, Sulawesi Barat Sulbar. Seorang korban gempa di Mamuju bernama Axel Fong, meminta pertolongan melalui Facebook.

Akun dengan nama Axel Fong itu menuliskan kata tolong berulang kali di berandanya. Mirisnya, bukannya segera mendapat respon, netizen atau teman Axel malah mengaggapnya sebagai bahan bercandaan. Mereka tak tahu, pada saat itu, Axel dan keluarganya sedang berjuang antara hidup dan mati oleh gempa 6.2 M yang meluluhlantahkan Mamuju. 

Axel Fong, adalah warga Mamuju, Sulawesi Barat. Rumahnya berada di Jl KS Tubun 3, Kota Mamuju. Pada saat gempa magnitudo 6,2 mengguncang Kota Mamuju sekitar pukul 02.45 Wita, Axel Fong bersama istri dan tiga anaknya, juga ibunya dan seorang karyawannya, sedang terlelap.

Bukannya mendapatkan respons cepat, beberapa warganet justru merespons postingan itu dengan emoticon ketawa. Bahkan ada yang menulis di kolom komentar, menganggap lucu postingan Axel.

Dalam keadaan panik, Axel kembali memposting di linimasanya, "To lo ooooopooooooo9o." Itu pada pukul 03.09 Wita. Atau satu menit dari postingan pertama. Seperti sebelumnya, postingan kedua ini juga direspons dengan emoticon ketawa oleh warganet. Mereka belum sadar tentang apa yang menimpa Axel di Mamuju sana.

Panik melihat istrinya, ibunya, juga anak-anaknya dan seorang karyawannya, makin lemah tertindis beton bangunan, pada pukul 03.11 Wita, Axel kembali memposting di linimasa FB-nya, "Ks tubun no 3 Rimuku mamuju." Itu adalah alamat rumahnya.

Masih direspons ketawa. Lalu pada pukul 03.12 Wita, Axel kembali memposting, "Tolong info grup penolong."

Disusul postingan, "Kami terjebak tertindis di dalam." Itu pada pukul 03.13 Wita.

Karena masih direspons dengan main-main, pada pukul 13.17 Wita, Axel kembali memposting, "Toooolooooooooooooog." Lalu melanjutkan postingan baru di linimasa Facebooknya, "Mungkin orang tidak tau diluar." Itu juga pada pukul 13.17 Wita.

Lalu disusul 20 postingan berikutnya, yang narasinya singkat. Meminta tolong, memberi tahu alamat rumahnya. Mungkin dalam pikiran Axel, meski postingannya diketawai, yang penting dia sudah berusaha, dalam situasi yang ruang geraknya terbatas, Axel telah berbuat yang terbaik untuk menyelamatkan keluarga kecilnya, istrinya, ibunya, tiga anaknya, serta seorang karyawannya.

Hingga pada postingan terakhir pukul 08.33 Wita, Axel masih sempat memposting, "Tolong bantuan alat istri sy dan anak saya masih terjebaj." Selama enam jam, Axel berusaha meminta bantuan lewat teman-teman dunia mayanya.

Regu penyelamat akhirnya merespon dan bertindak cepat menolong Axel. Namun, naas, Axel harus kehilangan istri tercinta. Wanita yang mendorongnya untuk terus memposting permintaan tolong.

Pemilik akun @dyacaroline yang mengaku adik Axel, mengatakan Axel terjebak dengan enam orang lainnya. Yaitu, istrinya, ketiga anaknya, ibunya, dan seorang karyawan.

"Sudah ditemukan, istrinya kakakku Axel Fong meninggal dunia tak bisa diselamatkan," ujarnya, Jumat (15/1/2021) kemarin. 

 

 

Korban gempa Mamuju Sulawesi Barat meminta bantuan lewat Facebook malah ditertawai rekan-rekannya dan netizen Saat petugas Basarnas datang istrinya sudah tak tertolong terjepit di bawah reruntuhan bangunan rumah

Loading...

Related Post