Cerita Rico Sinaga Tentang Perjuangan Marulla Matali Hingga ke Kursi Sekda DKI

 Cerita  Rico Sinaga Tentang Perjuangan  Marulla Matali Hingga ke Kursi Sekda DKI
Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) Rico Sinaga
Editor : Donald Balaikota — Sabtu, 16 Januari 2021 15:39 WIB
terasjakarta.id


Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) Rico Sinaga mengatakan dirinya mengenal baik Marulllah Matali yang rencananya akan dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta pada senin (18/1/2021) mendatang.

Rico mengungkapkan bahwa karier kebirokrasian Marullah di Jakarta sangat dinamis. Marullah, ucap Rico, pernah turut serta mengukir prestasi pada era Gubernur DKI Fauzi Bowo (Foke). Disamping itu, kinerja Marullah kala itu terbilang maksimal.

"Bang Marullah ini pada zaman Pak Fauzi Bowo maksimal lah kinerjanya, berprestasi dia," ujar Rico saat dihubungi lewat telpon pada Sabtu (16/1/2021).

Namun, Rico melanjutkan, di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Marullah kemudian di Istirahatkan alias dalam istilah penerbangan disebut Ground Dead. Hal itu, ungkap Rico lantaran Marullah saat itu tidak sejalan dengan Ahok. Baru pada zaman Anies, Marullah kembali diberi kesempatan hingga sekarang menjadi Sekda.

"Terus di zaman Ahok, dia di Ground Dead. Karena saat itu Marullah selalu berseberangan dengan Ahok, baru pada zaman Pak Anies ini, bang Marullah kembali diberi kepercayaan dan kesempatan," terangnya.

Rico mengatakan, ada kesamaan antara Marullah dan dirinya dalam kiprahnya di Jakarta selama ini. Semasa menjadi aktivis, ujar Rico, dia pernah  bersama Foke hingga masa kejayaan Foke saat itu. Di era Ahok, Rico pun memilih bersebrangan. Dan di era Anies, ucap Rico, ia kembali diamanahi dan diberikan kesempatan serupa.

"Perjalanannya sama lah seperti saya, saya dulu juga menemani Foke hingga masa kejayaan Foke saat itu, tapi di masa Ahok, kalau bang Marullah di ground dead, saya ada di poros melawan Ahok, bersebrangan," paparnya.

Rico mengungkapkan, waktu Ahok memimpin, banyak orang berprestasi kemudian diperlakukan sama seperti Marullah. Baru ketika Anies menjabat, orang-orang berprestasi tersebut diberikan kesempatan kembali. Meskipun, ucap Rico, masih banyak orang-orang berprestasi yang belum diberi kesempatan serupa.

Atas dasar itu, ia berharap, Marullah yang nantinya juga sebagai Penanggung Jawab Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dapat membuka ruang bagi orang-orang berprestasi lainnya.

"Waktu Ahok, banyak orang-orang berprestasi yang di groun dead. Saya yakin bang Marullah tahu siapa-siapa nya. Baru pada zaman Pak Anies, orang-orang itu diberi kesempatan lagi, ya.. seperti bang Marullah ini, sekarang menjadi sekda. tapi, ruang yang di buka Pak Anies bagi orang-orang itu belum maksimal, belum representatif lah. Karena apa? Saat itu Pak Anies belum di dalam, tapi kalau bang Marullah pasti tahu persis sebab saat itu berada di dalam," tururnya.

"Maka itulah, saya berharap bang Marullah sebagai Sekda sekarang, artinya penanggung jawab Baperjakat juga, membuka ruang, memberikan kesempatan kembali kepada orang-orang beprestasi. Yang kemarin di ground dead itu kan orang-orang beprestasi di zaman Foke, tapi berani bersebrangan dengan Ahok seperti bang Marullah," lanjutnya.

Kemudian, Rico mengajak Marullah untuk bersama-sama membangun kejayaan Jakarta sebagaimana zaman Foke dulu. Ia berharap Marullah dapat bekerja sama menemani dan membantu Anies Baswedan membangun Jakarta ke depan.

"Saya Rico Sinaga, Ketua Amarta sebagai sahabat, mengajak bang Marullah yang saat ini menjadi sekdaprov DKI untuk menemani dan membantu Pak Anies sekarang," ungkapnya.

Diketahui, pada tanggal 1 Januari lalu, Marullah Matali melalui sebuah video yang tersebar memberikan ucapan selamat kepada Rico Sinaga saat Rico berulang tahun. Dalam video tersebut, Marullah mangatakan Rico Sinaga merupakan salah satu sosok yang inspiratif di Jakarta.

"Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat sahabat saya, saudara saya, rekan sejawat saya, bang Rico. Saya tahu, bukan soal berapa usianya, tapi soal semangat menginspirasi orang, soal usia yang digunakannya menjadi penting bagi seorang bang Rico. Sekali lagi, semoga bang Rico menginspirasi banyak orang, menyemangati banyak orang dan selalu bermanfaat bagi warga dan masyarakat Jakarta," ucap Marullah. (adt)

 

 

 

Perjalanan Marulllah Matali hingga menduduki kursi Sekda DKI cukup berliku dan panjang. Sempat di- Ground Dead di zaman Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama namun ia mampu bangkit lagi

Loading...

Related Post