Warga Sentiong Lega, Pengerukan Kali Sentiong Hampir Rampung

Warga Sentiong Lega, Pengerukan Kali Sentiong Hampir Rampung
Proses Pengerukan Kali Sention Jakarta Pusat (Foto: Berita Jakarta.id)
Editor : Donald Balaikota — Sabtu, 16 Januari 2021 15:28 WIB
terasjakarta.id


Warga yang bermukim di sekitar Kali Sentiong, Jakarta Pusat, kini bisa bernapas laga. Ancaman banjir yang biasa mengancam di setiap musim hujan kini sudah teratasi setelah Pemko Jakarta Pusat melakukan pengerukan.

Pengerukan kali ini dirasa tepat karena dilakukan sebelum musim hujan sehingga pada saat hujan turun nanti situasi tersebut sudah teratasi.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Irwandi mengakui, warga menyatakan bersykur dan berterima kasih dengan upaya yang sudah dilakukan.

Ia menjelaskan, kondisi Kali Sention kini sudah berbeda jauh dengan kondisi ketika sebelum dikeruk. Sebelumnya, kaki tertimbun lumpur hingga menyebabkan banjir ke pemukiman warga/

 "Itu waktu  belum pernah dikeruk, sekarang kita keruk. Masyarakat sudah merasakan manfaatnya sudah nyaman," di Situs Pemko Jakarta Pusat, pusat.jakarta.go.id, Sabtu (16/1/2021).

"Kalau dulu waktu hujan sedikit saja warga gelisah tidak bisa tidur, takut banjir. Sekarang mereka sudah bisa tenang," tambahnya.

Irwandi mengakui, saat ini  curah hujan di Jakarta belum tinggi. Namun Pemkot Administrasi Jakarta Pusat optimis program pengerukan Kali Sentiong akan dirsakan manfaatnya.

Ia menjelaskan, dalam lima tahun terakhir, pengerukan Kali Sentiong ini merupakan pekerjan terbesar dan terlama yang dilakukan pihaknya. Dia mengaku optimitis bahwa daerah di sekitar Kali Sentiong bisa terbebas dari banjir. 

Hanya saja, Irwandi meminta warga untuk sama-sama ambil bagian dalam penanganan banjir. Bagi warga yang tinggal di bantaran kali diharapkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah ke kali.  Irwandi juga memerintahkan jajaran di wilayah tersebut untuk melakukan patroli dan penindakan bagi warga yang ketahuan membuang sampah di kali. (don)


Pengerukan Kali Sentiong Jakarta Pusat membuat warga sekitar lega. Ancaman banjir yang biasanya terjadi setia tahun kini teratasi sudah.

Loading...

Related Post