Takut Banyak yang Kabur, WhatsApp Tunda Berbagi Data dengan Facebook

 Takut Banyak yang Kabur, WhatsApp Tunda Berbagi Data dengan Facebook
WhatsApp Menunda Kebijakan Baru (Ilustrasi)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 16 Januari 2021 13:40 WIB
terasjakarta.id


Pengelola aplikasi  messaging WhatsApp memutukan menunda kebijakan berbagi data dengan Facebook menyusul banyak reaksi penolakan dari para pengguna. Tidak hanya itu saja, belakangan ini seruan utuk meninggalkan WhatsApp dan beralih ke aplikasi lainnya seperti Signal dan Telegram kian menggema, Bahkan, gelombang eksoduspun sudah sangat terasa.

Alih-alih meneruskan kebijakan yang direncanakan akan dilakukan pada Februari,  WhatsApp pun memutuskan menunda kebijakan mereka itu.  Dilansir The Verge pada Sabtu (16/1/2021), gunjang-ganjing soal privasi pengguna itu kemudian membuat WhatsApp memilih untuk cari aman. Pengembang salah satu aplikasi chating itu pun memutuskan untuk menunda penerapan data sharing. Penundaan itu dilakukan selama tiga bulan. Dengan kebijakan ini, artinya WhatsApp akan memberikan informasi soal keberlanjutan rencana ini pada Mei nanti.

Menurut pihak WhatsApp, kebijakan baru  ini telah menyebabkan informasi yang simpang siur. WhatsApp menilai, banyak informasi tidak akurat yang tersebar sehingga menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat. Oleh karena itu, penundaan dianggap jadi langkah yang tepat untuk dapat memberi waktu bagi masyarakt dalam memahami regulasi baru soal privasi dalam WhatsApp.

 Artinya, dalam tiga bulan kedepan, WhatsApp akan menggunakan waktu tersebut untuk melakukan komunikasi yang lebih intensif soal kebijakan itu. Dengan waktu yang lebih longgar, maka pengguna juga sekaligus memilki waktu yanng lebih leluasa dalam mengkaji persyaratan yang diperbarui. Lewat pernyataan tersebut, WhatsApp sekaligus menegaskan bahwa pembaruan itu nantinya menghadirkan opsi baru dalam akun bisnis sehingga pengumpulan dan penggunaan data oleh WhatsApp dapat dilakukan secara lebih transparan. WhatsApp juga menegaskan, pembaruan ini tak akan memperluas peluang dalam data sharing dengan Facebook . (don)


WhatsApp menunda kebijakan mereka berbagai data dengan Facebook hingga tiga bulan ke depan. Halk ini menyusul berbagai reaksi dan protes serta ancaman para pengguna meninggalkan aplikasi mesagging itu.

Loading...

Related Post