Ayo Memasak, Resep dan Cara Membuat Kue Apem, Nikmatnya Saat Disajikan dengan Kopi

 Ayo Memasak, Resep dan Cara Membuat Kue Apem, Nikmatnya Saat Disajikan dengan Kopi
Ayo Memasak, Resep dan Cara Membuat Kue Apem
Editor : Donald Jakarta Food — Sabtu, 16 Januari 2021 10:11 WIB
terasjakarta.id


 

Kue tradisional indonesia selalu enak untuk dinikmati pada sore hari, dengan ditemani teh hangat dan kopi. Kue tradisional indonesia memiliki jenis yang banyak sekali. Salah satu yang paling popular adalah kue apem.

Siapa yang tidak kenal dengan kue yang satu ini. bahkan saat ini sudah banyak yang membuat variasi yang lebih enak dan unik. Misalnya di beri green tea, nutella, dan masih banyak lainnya. dengan memakai toping baru tidak akan membuat rasa kue apem berubah, malah tambah enak.

Kue apem adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya mirip serabi, tetapi lebih tebal.

Bicara mengenai kue apem, ternyata memiliki cerita tersendiri hingga menjadi makanan rakyat, meski aslinya bukan berasal dari Indonesia. Kue apem kenal juga dengan appam di negeri asalnya India.

Menurut legenda, kue ini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya kembali dari perjalanannya dari tanah suci. Ia membawa oleh-oleh 3 buah makanan dari sana. Namun karena terlalu sedikit, kue apem ini dibuat ulang oleh istrinya.

Setelah jadi, kue-kue ini kemudian disebarkan kepada penduduk setempat. Pada penduduk yang berebutan mendapatkannya Ki Ageng Gribig meneriakkan kata "yaqowiyu" yang artinya "Tuhan berilah kekuatan".

Makanan ini kemudian dikenal oleh masyarakat sebagai kue apem, yakni berasal dari saduran bahasa arab "affan" yang bermakna ampunan. Tujuannya adalah agar masyarakat juga terdorong selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta.

Lambat laun kebiasaan 'membagi-bagikan' kue apem ini berlanjut pada acara-acara selamatan menjelang Ramadhan.

Buat penikmat kue apem, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep kue apem sangat mudah dibuat dan bahannya sangat sederhana.

Proses membuatnya mudah dan tidak butuh modal yang besar. Anda bisa menjualnya di depan rumah dengan harga yang murah. Buat kue apem yang lembut dan harum, pasti akan sangat laku di pasaran. Karena semua orang pasti menyukai kue apem.

Ketika ada acara penting di rumah, kue apem juga bisa dijadikan sajian yang enak dan nikmat. Mari langsung saja kita bahas bahan dan bagaimana cara membuat kue apem yang sederhana.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue Apem

- 300 gram gula pasir halus

- 500 gram tepung beras

- 1 sendok teh ragi apem

- 200 gram gula jawa yang dicairkan

- Garam halus secukupnya

- 100 gram tape singkong

- 400 ml air santan kelapa

- 400 ml air bersih

Cara Membuat Kue Apem Sederhana

  1. Cairkan ragi instan dengan 10 sendok air hangat lalu sisihkan terlebih dahulu
  1. Ayak gula dan tepung beras sampai halus. Lalu campurkan gula pasir, tepung beras, garam , gula jawa yang sudah dicairkan dan tape singkong menjadi satu. Masukan air sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk sampai adonan pulen.
  1. Diamkan adonan sekitar 30 menit sampai mengembang. Tutup dengan lap diatasnya., supaya adonan mengembang dengan sempurna.
  1. Panaskan cetakan apem yang berbentuk bulat, gunakan api kecil. Olesi cetakan dengan mentega terlebih dahulu. supaya tidak lengket.
  1. Masukan adonan ke dalam cetakan apem, kukus sekitar 20 menit sampai matang. Bagian bawahnya berwarna agak kecoklatan dan bagian atas kuning keemasan.

Untuk hasil yang lebih enak, anda bisa menambahkan toping seperti kismis, keju, coklat dan lainnya. anda juga bisa membuat kue apem yang berwarna-warni. Tinggal ganti gula jawanya dengan pewarna makanan. Bisa warna hijau, merah dan lainnya. bahkan diatasnya bisa ditambah dengan buah-buahan. Itulah resep kue apem sederhana yang bisa anda buat. Selamat mencoba. (adt)

Kue tradisional indonesia memiliki jenis yang banyak sekali. Salah satu yang paling popular adalah kue apem.

Loading...

Related Post