Penerapan Denda Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Diefektifkan 24 Januari Mendatang

Penerapan Denda Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Diefektifkan 24 Januari Mendatang
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar (ist)
Editor : Potan News — Jumat, 15 Januari 2021 14:12 WIB
terasjakarta.id

Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan menerapkan aturan lulus uji emisi kendaraan pribadi. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang uji emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Nantinya kendaraan yang tak lolos uji emisi dikenakan denda tilang sebesar Rp 250 ribu - Rp 500 ribu, hingga dikenakan biaya parkir tertinggi.

Meski demikian aturan tersebut baru akan diberlakukan pada 24 Januari 2021 mendatang. Demikian ditegaskan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar. Saat ini pihaknya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI masih melakukan sosialisasi Pergub Nomor 66, Tahun 2020.

"Sampai dengan saat ini belum dilaksanakan penindakan tilang karena masih sebatas sosialisasi. Tindakan disinsentif setelah 24 Januari kami serahkan ke rekan pemprov," kata Fahri, Jumat (15/1/2021).

Dihubungi secara terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menyatakan hal yang sama.

"Belum ada penindakan, saat ini masih uji coba," terang Sambodo.

Sekadar informasi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan melakukan disinsentif berupa pemberian tarif parkir tertinggi dan penindakan tilang bagi kendaraan mobil atau sepeda motor yang tidak melakukan uji emisi.

Hasil pelaksanaan uji emisi ini direkam dalam Sistem Informasi Uji Emisi dan dapat diakses oleh Dinas Perhubungan dan kepolisian. (adt)

Penerapan Denda Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi Diefektifkan 24 Januari Mendatang

Loading...

Related Post