7,9 Juta Warga Jakarta Akan Mendapat Vaksinasi

7,9 Juta Warga Jakarta Akan Mendapat Vaksinasi
Ilustrasi aktor Raffi Ahmad disuntik vaksin di Istana Merdeka, Rabu 14 Januari 2021 (ist)
Editor : Potan Balaikota — Jumat, 15 Januari 2021 11:32 WIB
terasjakarta.id

Pemprov DKI menargetkan 7,9 juta warga yang akan mendapat vaksin Covid-19. Angka itu merupakan jumlah keseluruhan warga ibu kota di rentang usia 18 hingga 59 tahun, sebagai salah satu syarat penerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta Widyastuti menyebut sebanyak 130.000 merupakan tenaga kesehatan, 500.000 merupakan pemberi layanan publik, kelompok rentan secara geospasial maupun ekonomi sekitar 3 juta lebih, hingga kelompok usaha sekitar 2 juta lebih.

“Secara total jumlah, nantinya di DKI Jakarta yang akan mendapatkan vaksinasi ini bagi kelompok umur 18-59 tahun ada sekitar 7,9 juta,” kata Widyastuti dalam video yang diunggah akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (14/1/2021) kemarin.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, selain kelompok umur 18-59 tahun, kelompok lansia dengan kondisi tertentu juga bisa diberikan vaksinasi.

“Ini merupakan sasaran vaksinasi terbanyak. Karena kami pernah melakukan vaksinasi secara program massal gini paling banyak sekitar 2 juta,” ucap Widyastuti.

Dengan jumlah yang terbilang besar ini, kata Widyastuti, perlu ada partisipasi dari masyarakat untuk bisa mensukseskan program vaksinasi. Sebab, ini bukan pekerjaan dari tenaga kesehatan semata.

Selain itu, lanjutnya, juga diperlukan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, pihak swasta, BUMN, serta TNI, dan Polri.

“Sehingga tujuan pemberian vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity terjaga atau tercapai. Kalau terjaga, tercapai harapannya kita secara kebal komunitas bisa mengurangi atau menurunkan angka kesakitan akibat Covid-19,” tutur Widyastuti. (tan)

7 9 Juta Warga Jakarta Mendapat Vaksinasi

Loading...

Related Post