Hoaks, Video Santri di Jember Disebut Pingsan dan Mual Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Hoaks, Video Santri di Jember Disebut Pingsan dan Mual Usai Disuntik Vaksin Covid-19
Video yang memperlihatkan santri pingsan usai disuntik vaksin pada 2018
Editor : Donald News — Kamis, 14 Januari 2021 13:50 WIB
terasjakarta.id


Sebuah video beredar di media sosial  yang menyebutkan yang memuat gambar adanya ratusan santri yang disebut mual dan pingsan usai disuntuk vaksin Covid-19, di media sosia ternyata hoaks.

Dalam  video yang berdurasi dua menit tersebut memperlihatkan sejumlah pria mengenakan sarung dan peci tampak terbaring pingsan, dan terdapat keterangan mereka usai disuntik vaksin.

Seperti dilansir  Semarangku.com dalam artikel “Ratusan Santri Disuntik Vaksin Langsung Pingsan dan Mual, Cek Faktanya!”, setelah ditelusuri terdapat banyak kejanggalan dalam video tersebut. Antara lain  menemukan narasi yang menyebut ratusan santri pingsan dan mual usai disuntikan vaksin dalam tayangan video itu merupakan hoaks.

Ternyata, kejadian yang terekam dalam video itu merupakan peristiwa yang berlangsung pada 2018 dan dimuat oleh akun Youtube Jember 1TV pada 28 Februari 2018.

"Puluhan santri pondok pesantren di Kecamatan Jenggawah Jember pingsan karena dehidrasi usai disuntik vaksin difteri, orangtua santri panik hingga berdatangan ke pondok pesantren tersebut," demikian keterangan yang dimuat Jember 1TV dalam kanal Youtube sebagaimana dikutip dari Antara News.

Keterangan itu sekaligus menyangkal jika ada ratusan santri yang merasa mual dan pusing usai disuntik vaksin Covid 19.

Seperti diketahui, pemerintah sedang berupaya menekan persebaran virus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan hingga vaksinasi.

Pada Rabu, 13 Januari 2021 kemari, Presiden Jokowi secara resmi mendapat suntikan vaksin Sinovac.

Hal itu pun disambut bahagia banyak pihak, dan berharap pandemi Covid-19 bisa segera ditangani. don

 

Sebuah video beredar di media sosial yang menyebutkan yang memuat gambar adanya ratusan santri yang disebut mual dan pingsan usai disuntuk vaksin Covid-19 di media sosia ternyata hoaks.

Loading...

Related Post