Hari Ini Komnas HAM Laporkan Temuan Kasus Penembakan Anggota FPI ke Presiden Jokowi

Hari Ini Komnas HAM Laporkan Temuan Kasus Penembakan Anggota FPI ke Presiden Jokowi
Editor : Potan News — Kamis, 14 Januari 2021 11:21 WIB
terasjakarta.id

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berencana akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, hari ini, Kamis (14/1/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Komnas HAM akan menyerahkan temuan dan rekomendasi atas peristiwa bentrok antara anggota Polda Metro Jaya dengan laskar Front Pembela Islam (FPI).

Demikian dikatakan Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara. Dirinya berharap temuan Komnas HAM dapat ditindaklanjuti oleh presiden dan juga Polri.

"Kami akan diterima Pak Jokowi pagi ini jam 10 di Istana Bogor," kata Beka Ulung, Kamis (14/1/2021).

"Tindak lanjutnya kami serahkan kepada presiden. Yang terpenting rekomendasi kami dijalankan," lanjutnya.

Setelah itu, laporan temuan hasil penyelidikan dan rekomendasi tersebut akan diserahkan kepada Polri dan DPR.

Dari peristiwa yang terjadi pada 7 Desember 2020 itu, terdapat enam anggota Laskar FPI yang tewas ditembak polisi karena diduga menyerang petugas.

Komnas HAM menyimpulkan, tewasnya empat dari enam anggota laskar FPI itu merupakan pelanggaran HAM. Sebab, keempatnya tewas ketika sudah dalam penguasaan aparat kepolisian.

Atas kesimpulan itu, Komnas HAM merekomendasikan agar tewasnya empat anggota laskar FPI dilanjutkan ke pengadilan pidana.

Rekomendasi lainnya yaitu supaya mendalami dan melakukan penegakan hukum terhadap orang-orang yang terdapat dalam dua mobil Avanza hitam bernomor polisi B 1759 PWQ dan mobil Avanza silver B 1278 KJD.

Dari temuan Komnas HAM, kedua mobil itu aktif membuntuti rombongan pemimpin FPI Rizieq Shihab saat kejadian.

Akan tetapi, kedua mobil itu tidak diakui sebagai mobil petugas Polda Metro Jaya yang memang sedang membuntuti rombongan Rizieq.

Selain itu, Komnas HAM merekomendasikan supaya adanya pengusutan lebih lanjut mengenai kepemilikan senjata api yang diduga digunakan laskar FPI. (adt)

Komnas HAM Laporkan Temuan Kasus Penembakan Anggota FPI Presiden Jokowi

Loading...

Related Post