Misteri Nama Calon Kapolri Baru, Tunggu Kejutan di Rabu (Wage)

Misteri Nama Calon Kapolri Baru, Tunggu Kejutan di Rabu (Wage)
Presiden Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Negara)
Editor : Donald News — Selasa, 12 Januari 2021 13:51 WIB
terasjakarta.id


Siapa  calon Kapolri baru pengganti Jenderal Pol Idham Azis masih simpang siur. Hingga kini, Presiden Joko Widodo (Jokowibelum mengirim surat berisi nama calon Kapolri yang dipilihnya ke DPR 

Besar kemungkinan nama calon Kapolri  baru akan disampaikan Presiden Jokowi  pada Rabu ((13/1). Dalam penanggalan Jawa, Rabu ini adalah Rabu Wage. Kebiasaan selama ini, Presiden Jokowii selalu meengambil keputusan pada setiap Rabu Pon atau Rabu Wage dalam penanggalan Jawa.

 

 ini ada tiga dari lima nama yang diusulkam Komisi Kepolisian Nasioanal yang disebutkan paling berpeluang menduduki kursi Tribrata 1 (kapolri). Mereka adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono Komjen Pol Boy Rafli Ahmad, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)
Komjen Pol Boy Rafli Ahmad dan Kabareskrim Poldi Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Di luar tiga nama itu, dua nama lagi yang diusulkan Kompolnas adalahKepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Pimpinan DPR RI sampai hari ini belum menerima Surat Presiden Jokowi terkait dengan calon Kapolri . Padahal Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Meski waktunya sudah mepet, DPR hanya bisa menunggu surat tersebut untuk kemudian diproses.

"Jadi sampai dengan hari ini, Surpres presiden tentang kapolri memang belum sampai di DPR, dan kita memang tunggu saja. Begitu dateng ya nanti kita proses sesuai dengan mekanisme yang ada," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Terkait nama Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang diisukan menjadi pilihan Presiden Jokowi, Dasco tidak menampiknya karena di media sosial (medsos) memang banyak beredar nama-nama jenderal yang diisukan menjadi calon Kapolri pilihan Jokowi. Namun, ia mengajak semua pihak untuk menunggu kepastian melalui Surpres
Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini juga enggan mendesak-desak Presiden Jokowi untuk segera menyerahkan surat pencalonan tersebut. Sebab, Presiden pasti tahu mana hal yang mendesak dan kapan batasan waktu untuk mengirim surat tersebut ke DPR.

"Kita nggak usah mendesak-desak presiden, karena presiden tentunya tahu mana urgensi dan batas wkatu, kapan suratnya harus dikirim ke DPR. Sampai hari ini memang belum ada dan kita tunggu saja menurut saya," kata Dasco. Bersar kemungkinan, nama calon Kapolri akan diusulkan Presiden Jokowi pada Selasa malan ini dan baru akan diumukan. don)

Presiden Joko Widodo (Jokowi biasanya mengambil keputusan besar pada hari Rabu Pon ata Rabu Wage. Pemilihan calon Kapolri diperkirakan akan terjadi pada Rabu Wage (13/1/20/21) besok

Loading...

Related Post