Advertisement

Ayo Memasak, Resep dan Cara Membuat Ayam Rica-Rica, Pedasnya Bikin Ketagihan, Nikmatnya..

Ayo Memasak, Resep dan Cara Membuat Ayam Rica-Rica, Pedasnya Bikin Ketagihan, Nikmatnya..
Pintares.com/Virnanda Ezil
Editor : Donald Jakarta Food — Senin, 11 Januari 2021 10:30 WIB
terasjakarta.id


Menu daging ayam selalu menggoda selera bila diolah dengan resep yang membuat nikmat.  Makan siang hari ini mungkin akan terasa nikmat jika kita mencoba salah satu hidangan Sulawesi Utara yang terkenal adalan ayam rica-rica atau rica-rica ayam. Ayo memasak, nikmatnya

 Rica dalam bahasa Manado artinya cabe atau pedas. Karena bumbu ini terkenal dengan pemakaian cabe yang sangat banyak, terutama cabe rawit merah atau cabe khas Manado. menu ayam rica-rica.

Masyarakat sudah tahu kalau ayam rica-rica adalah masakan khas masyarakat  Manado, Sulawesi Utara. Cita rasa dari masakan ini adalah rasa pedasnya yang membuat ketagihan. Tingkat kepedasannya sendiri sebenarnya relatif dan dapat disesuaikan berdasarkan selera masing-masing.

Meskipun yang populer rica-rica ayam tetapi hampir semua bahan bisa diolah menjadi rica-rica. Seperti ikan laut, ikan air tawar, daging, jeroan, bahkan tempe dan tahu. Pemakaian rempah segar menjadi ciri khas hidangan pedas ini.

Hampir semua jenis daun rempah dipakai dalam hidangan ini. Seperti daun jeruk, daun salam, daun pandan muda, daun bawang hingga daun kemangi. Karena itu ayam rica-rica selain rasanya pedas juga aromanya sangat harum segar. Paling cocok dimakan dengan nasi hangat.

Yang pasti, Ayam rica-rica semakin terasa nikmat disantap bersama nasi putih hangat. Anda yang bingung harus memasak apa hari ini, bisa membuat ayam rica-rica untuk keluarga tercinta. Cara membuatnya juga mudah, pasalnya ayam merupakan bahan makanan yang mudah dan praktis diolah.Yuk Simk cara membuatnya!


Bahan-bahan :
½ ekor ayam, potong 4/5
1 ikat daun kemangi
8 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1 batang serai
8 buah bawang merah
2 buah bawang putih
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 butir kemiri
½ sdt ketumbar
½ sdt garam
½ sdt lada
½ sdt gula
100 ml air
1 lembar daun pandan



Cara membuat
-Potong ayam sesuai selera. Cuci bersih. Tambahkan garam, lada dan ketumbar bubuk. Diamkan sekitar 5 - 10 menit.

- Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, kemiri dengan air menggunakan blender.

-Panaskan minyak, goreng ayam hingga ¾ matang. Angkat dan tiriskan.

- Panaskan kembali 3 sdm minyak di atas wajan lalu tumis serai, daun pandan, daun jeruk dan bumbu halus masak hingga harum.

-Tambahkan garam, lada dan gula lalu aduk sebentar dan tambahkan air. -Masak hingga air berkurang, lalu masukan ayam goreng tadi.

-Aduk hingga ayam dan bumbu tercampur rata. Angkat dan sajikan.

 

Menu daging ayam selalu menggoda selera bila diolah dengan resep yang membuat nikmat. Makan siang hari ini mungkin akan terasa nikmat jika kita mencoba salah satu hidangan Sulawesi Utara yang terkenal adalan ayam rica-rica atau rica-rica ayam. Ayo memasa

Loading...

Related Post