Advertisement

Hari Ini Batas Terakhir Presiden Jokowi Serahkan Nama Calon Kapolri ke DPR

Hari Ini Batas Terakhir Presiden Jokowi Serahkan Nama Calon Kapolri ke DPR
Ilustrasi
Editor : Donald Berita Anda — Senin, 11 Januari 2021 10:07 WIB
terasjakarta.id


Calon Kapolri baru pengganti Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari nanti hingga kini terus menjadi perbincangan serius. Apalagi, Selasa (11/1/2021) ini merupakan batas terakhir  Presiden menyerahkan satu nama calon Kapolri kepada DPR yang nantinya akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

Siapa sosok yang menggantikan Idham Azis? Hingga kini masih simpang siur. Sejauh ini publik baru mengetahui ada lima jenderal dari deretan polisi berpangkat bintang tiga yang diajukan oleh Kompolnas kepada Presiden Jokowi  melalui Menteri Koordintor Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Namun, Presiden Jokowi belum memutuskan satu nama dari kelima calon itu.

Kelimanya nama calon Kapolri itu adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Namun, dari kelima nama calon Kapolri itu, ada tiga jenderal bintang tiga yang memilki peluang paling besar untuk menggantikan Idham Azis. Mereka adalah Komjen Gatot Eddy Pramono, yang menjabat sebagai Wakapolri, alumni Akpol 1988, dengan masa dinas aktif hingga 2023. Kemudian, Komjen Agus Andrianto, saat ini menjabat sebagai Kabaharkam, alumni Akpol 1989, dengan masa dinas hingga 2025; dan Komjen Boy Rafli Amar, yang sekarang menjabat sebagai Kepala BNPT, alumni Akpol 1988 ini masa dinas aktif hingga 2023.

Ketiga perwira tinggi Polri tersebut relatif mempunyai sisa masa kerja ideal 3-4 tahun, Sekain itu, mereka relatif diterima oleh masyarakat dan internal polri, dan mempunyai pengalaman yang cukup untuk modal menjadi Kapolri. (don)

 




Presiden Joko Widodo (Jokowi) Selasa (11/1/2021) hari ini akan menyerahkan nama calon Kapolri baru pengganti Jenderal Pol Idham Azis kepada DPR.

Loading...

Related Post