RS Rujukan Penuh, Pemerintah Diminta Segera Perbanyak Fasilitas Kesehatan

RS Rujukan Penuh, Pemerintah Diminta Segera Perbanyak Fasilitas Kesehatan
Ilistrasi pasien covid-19 saat dirawat di rumah sakit (ist)
Editor : Potan News — Senin, 11 Januari 2021 08:17 WIB
terasjakarta.id

Pemerintah mengambil langkah tegas dalam memotong rantai penyebaran Covid-19. Sebab, jumlah kasus yang terus meningkat. Apabila belum ada tindakan kongkrit dikuatirkan akan timbul korban yang lebih banyak.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengatakan, situasi sekarang berimbas pada pelayanan Rumah Sakit (RS) Rujukan yang tidak lagi mampu menampung pasien Covid-19 di beberapa daerah, khususnya Jabodetabek.

“Masalah pelayanan RS Rujukan ini muncul ketika Pemerintah tidak mampu menekan penyebaran Pandemi Covid-19 sehingga RS Rujukan kewalahan menerima pasien. Pemerintah harus mengambil langkah tegas memutus penyebaran Pandemi Covid-19,” kata Syarief beberapa waktu lalu.

Syarief Hasan menilai, masalah ini harus diselesaikan dari hulu masalahnya. Pemerintah harus memberikan perhatian terhadap infrastruktur Rumah Sakit Rujukan di Indonesia.

“RS-RS Rujukan inilah yang menjadi pusat penanganan Covid-19, sehingga perlu didukung dengan peningkatan infrastruktur dan fasilitasn seperti tempat tidur ICU dan menjadi catatan juga bahwa terbatasnya infrastruktur RS ini menyebabkan para tenaga medis mengalami stress,” tuturnya.

Lebih lanjut, Syarif menyarankan agar pemerintah memperbanyak fasilitas rumah isolasi mandiri mild moderate yang sesuai standar. Tujuannya, supaya dapat mengurangi beban RS Rujukan. “Sehingga fokus pada penanganan pasien Covid-19 dengan gejala berat,” usulnya.(tan)



RS Rujukan Penuh Pemerintah Segera Perbanyak Fasilitas Kesehatan

Loading...

Related Post