Cari Sriwijaya Air, 7 Kapal Laut Kemenhub Dikerahkan Sisir Pulau Laki dan Pulau Lancang

 Cari Sriwijaya Air,  7 Kapal Laut Kemenhub Dikerahkan Sisir Pulau Laki dan Pulau Lancang
(CNN Indonesia/oceanexplorer.noaa.gov)
Editor : Donald Berita Anda — Sabtu, 9 Januari 2021 20:15 WIB
terasjakarta.id


Lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 rute Jakarta-Pontianak sudah dipastikan di Kawasan Pulau Lancang dan Pulau Laki Gugusan Pulau Seribu.

Terkait itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan 7 kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya itu yang dilaporkan lost contact siang tadi (9/1).

Pihak Kemnhub mengatakan, ketujuh kapal tersebut 5 unit diantaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok yaitu KN. Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok juga disiagakan.

"Adapun Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu mengerahkan 2 kapal patroli yaitu KN.355 dan V.S054 yang akan berangkat besok pagi," dikutip dari keterangan tertulis Kemenhub, Sabtu (9/1/2020).

Direktur KPLP, Ahmad menjelaskan bahwa kapal-kapal patroli KPLP siap siaga dan segera bergabung dengan tim SAR di bawah komando dari Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Sementara itu, nakhoda kapal Trisula, Eko Surya mengatakan bahwa kapal Trisula telah menemukan benda-benda yang diduga milik Sriwijaya Air. Hingga saat ini, kapal Patroli Trisula masih berada dilokasi untuk terus melakukan pencarian dan pertolongan.

 

Kementerian Perhubungan menyiapkan tujuh kapal untuk mencari pesawat Sriwijaya Air yang dipastikan jatuh di sekitar pulau Lancang dan Pulau Laki gugusan Kepulauan Seribu.

Loading...

Related Post