Kompolnas Sudah Serahkan Nama Calon Kapolri, Saatnya Jokowi Memilih

Kompolnas Sudah Serahkan Nama Calon Kapolri, Saatnya Jokowi Memilih
Ketua Kompolnas Benny Mamoto (CNNIndonesia.com)
Editor : Donald Berita Anda — Jumat, 8 Januari 2021 14:24 WIB
terasjakarta.id


Presiden Joko Widodo  sudah harus mengajukan satu nama calon Kapolri baru pengganti Kapolri Jenderal Idham Azia yang akan memasuki masa pnsiun pada akhir Januari ini kepada DPR paling lambat tangga 11 Janari atau sebelum anggota DPR menjalani reses.

Sejauh ini, belum ada sosok pasti yang mencuat ke permukaan.  Hanya saja,  Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan  telah menyerahkan rekomendasi nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rekomendasi nama diserahkan oleh Ketua Kompolnas Mahfud Md.

"Sudah Rabu sore. (Diserahkan oleh) Ketua Kompolnas," kata Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto, Jumat (8/1/2020).

Menuruy Benny, rekomendasi nama diserahkan usai Kompolnas menggelar rapat pleno. Setelahnya kata Benny, nama-nama tersebut diserahkan ke Presiden Jokowi. "Setelah rapat pleno, hasilnya diserahkan Ke Ketua (Kompolnas) dan selanjutnya Ketua yang menyampaikan ke Presiden," ujarnya.

Hanya saja,  Benny tidak memberi tahu lebih lanjut terkait nama-nama yang diserahkan itu. Dia menyebut ada lebih dari satu nama. "Lebih dari satu," ujarnya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis sudah mengirimkan surat permohonan penunjukan pengganti dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat itu dikirimkan mengingat Idham Azis segera memasuki masa pensiun.

"Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa dirinya telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono seperti dilansir Antara News, Rabu (6/1).

Surat itu dikirimkan Idham melalui Mensesneg Pratikno. Dalam surat tersebut, Idham tak menyebutkan nama calon penggantinya.

"(Kapolri) tidak mengajukan nama, hanya menyampaikan (bahwa) akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021," ucap Argo.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, juga sebelumnya memberi sinyal Presiden Jokowi sudah mengantongi nama calon Kapolri.

"Ya itu sebenarnya karena ini sesuatu yang rutin ya, prosedurnya sudah ada, tinggal menunggu waktu, siapanya pasti sudah ada," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Senin (4/1).

Moeldoko menegaskan semua proses terkait calon Kapolri bakal dilaksanakan. Soal nama, kata Moeldoko, itu urusan terakhir.

"Ini kan mekanismenya jelas, ada usulan, berikutnya DPR akan proses apa... ada di sana, proses pemilihannya, berikutnya nanti keputusannya seperti apa. Saya pikir sampai di situ aja. Nanti nama belakangan gampang itu," ucap Moeldoko.

Moeldoko menegaskan Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan beberapa nama calon Kapolri. "Ya pasti ya sudah, karena kan berkaitan dengan waktu ya," sebut Moeldoko.

Kapolri Jenderal Idham Azis segera memasuki masa pensiun pada Januari 2021. Sementara itu, beredar sejumlah nama pejabat polisi yang dinilai cocok menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Kompolnas menyebut akan mengirimkan rekomendasi nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke Presiden Jokowi. (don)

 

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan telah menyerahkan rekomendasi nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rekomendasi nama diserahkan oleh Ketua Kompolnas Mahfud Md

Loading...

Related Post