Advertisement

Begini Kata Haji Lulung Soal Blusukan Mensos Risma

Begini Kata Haji Lulung Soal Blusukan Mensos Risma
Haji Lulung
Editor : Potan Rumah Rakyat — Jumat, 8 Januari 2021 13:32 WIB
terasjakarta.id

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini usai dilantik langsung bergerilya di ibu kota. Gebrakan dengan keliling Jakarta yang lebih akrab di dengar dengan istilah blusukan giat dilakukan mantan Walikota Surabaya itu. 

Berbagai wilayah Jakarta di jalani, mulai  menemui para tunawisma di sejumlah titik di Ibu Kota, di bantaran sungai, kolong jembatan, kolong jalan tol, hingga menyisir trotoar Sudirman-Thamrin.

Tak hayal, aksi yang dilakukan wanita terkenal dengan ketegasan itu mendapat sorotan publik dan menuai pro kontra. Tak sedikit yang menganggap blusukan ala Risma tersebut sebagai settingan dan pencitraan.

Salah satunya anggota DPR RI, Abraham Lunggana yang akrab disapa Haji Lulung ikut angkat suara. Dia menilai wajar bila tindakan pengganti Juliari Peter Batubara itu menyedot perhatian luas masyarakat.

Sebab, menurut Haji Lulung, sebagai menteri baru di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin, publik berharap Risma membuat terobosan baru dalam mengatasi dampak sosial akibat pandemi Covid-19. Akan tetapi, Risma justru lebih memilih mengurus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tunawisma lokal di Jakarta.

Tindakan Risma keliling Jakarta ini pun dinilai tidak memiliki urgensi di tengah kondisi pemerintah berjibaku menanggulangi tingginya penyebaran kasus corona Covid-19.

“Kalau sekedar nyari tunawisma jangan Bu Risma, Satpol PP lebih jago. Data orang miskin kan semuanya tercatat di Dinas Sosial Pemda, mereka jangan dicari, tapi diberesin dengan sebuah kebijakan yang berpihak pada perbaikan kehidupan sosial mereka,” kata Haji Lulung kepada wartawan, Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Anggota DPR RI ini lantas menyarankan, sebaiknya Risma memprioritaskan pekerjaan rumah (PR) di Kementerian Sosial (Kemensos). Saat ini tugas utama Risma adalah mencegah potensi lahirnya tunawisma-tunawisma baru di seluruh wilayah Indonesia imbas hantaman pandemi Covid-19, yang mengakibatkan ekonomi RI hampir kolaps.

Meskipun, kata Haji Lulung, mengurus tunawisma di DKI Jakarta juga bagian dari wilayah kerja Kementerian Sosial.

Namun, Ketum Bamus Betawi ini meminta Risma tidak mengusik kerja Gubernur Anies Baswedan di Pemprov DKI Jakarta.

“Bu Risma nanti malah tidak konsen pada fungsi tugas utamanya sebagai Mensos. Jadi, jangan sampai terkesan sengaja bikin desain pencitraan seperti yang dicurigai publik. Masyarakat sudah malas ngelihat yang begitu itu. Artinya, blusukan Risma kan menyinggung pekerjaan orang lain tu, sudah lah serahkan saja itu ke Satpol PP dan Dinsos DKI,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD DKI itu.(tan) 





Haji Lulung Blusukan Mensos Risma

Loading...

Related Post