Heran Ada Tunawisma di Jalan Thamrin-Sudirman, Wagub DKI: Dari Kecil Saya Tak Pernah Menemukan

Heran Ada Tunawisma di Jalan Thamrin-Sudirman, Wagub DKI: Dari Kecil Saya Tak Pernah Menemukan
Ilustrasi Jalan Thamrin-Sudirman (ist)
Editor : Potan Balaikota — Kamis, 7 Januari 2021 11:49 WIB
terasjakarta.id

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, heran dengan adanya tunawisma yang ditemukan Mensos Rismadi Jalan Sudirman-Thamrin. Bahkan wagub mengaku puluhan tahun hidup dan tinggal di Jakarta, baru pertama kali mendengar adanya tunawisma berada di jalan protokol tersebut.

“Saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin,” ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta.

Ariza mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung meminta Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta untuk mengecek kebenaran isu tersebut.

“Pak Gubernur langsung perintahkan kepada Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ,” tutur Ariza.

Dia mengatakan, Jalan Sudirman-Thamrin sebagai jalan protokol yang sering dilalui pejabat dan tamu negara itu cukup panjang dan terbuka.

Sehingga apabila ada tunawisma yang menetap di tempat tersebut pasti akan menjadi perbincangan publik jauh-jauh hari.

Dia tidak mengelak bahwa di Jakarta pasti ada tunawisma, namun tidak di Jalan Sudirman-Thamrin.

“Setau kami jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh, kalau ada (tunawisma di pinggiran-pinggiran (kota) ada betul, kalau ada di kolong jembatan ada betul,” kata dia.

Kolong jembatan jadi tempat favorit tunawisma, kata Ariza, karena mungkin dinilai menjadi tempat paling nyaman untuk bermukim.

“Di seluruh Indonesia di Kota ada orang yang belum memiliki rumah mencari tempat berteduh tinggal di tempat paling enak, di antaranya tempat paling enak bagi tunawisma ya di kolong jembatan,” ucap Ariza.

Ariza mengatakan, di seluruh kota di Indonesia bahkan di dunia pasti memiliki tunawisma.

Karena tunawisma merupakan masalah sosial yang hingga kini masih terjadi di negara maju sekalipun.

“Kalau kita ke kota-kota di seluruh Indonesia, bahkan negara maju juga ada tunawisma yang tinggal berteduh di kolong jembatan,” kata dia.

Isu mengenai tunawisma, gelandangan dan pengemis di DKI Jakarta kembali mencuat setelah aksi blusukan Mensos Risma di sejumlah wilayah di Jakarta.

Salah satu yang paling menarik perhatian netizen adalah adanya gelandangan di jalan protokol kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021) lalu.

Risma menemukan gelandangan kemudian menghampiri dan mengajak berdialog.

“Ikut saya ya Pak, nanti saya carikan Balai. Nanti ada temannya banyak, nanti masih bisa mulung. Saya bantu cari kerjaan, supaya bisa makan, supaya bisa tidur, ndak kehujanan,” kata Risma mengajak salah seorang gelandangan.(tan)

Heran Ada Tunawisma Jalan Thamrin-Sudirman Wagub DKI Saya Tak Pernah Menemukan

Loading...

Related Post