Lezatnya Kue Pancong, Jajanan Tradisional yang Dimodif Kekinian

Lezatnya Kue Pancong, Jajanan Tradisional yang Dimodif Kekinian
Kue pancong
Editor : Potan Jakarta Food — Rabu, 6 Januari 2021 14:48 WIB
terasjakarta.id

Kue pancong merupakan jajanan tradisional khas Betawi (Jakarta). Untuk versi tradisional, kue pancong dibuat dari adonan tepung terigu dengan tambahan parutan kelapa.

Teksturnya lembut dan rasanya gurih. Biasanya kue pancong tradisional disantap bersama taburan gula pasir.

Namun saat ini, kue pancong memiliki versi kekinian. Untuk yang kekinian diberi ragam topping premium, mulai dari keju, green tea, Oreo.

Kue serupa pun terdapat di beberapa daerah Indonesia, seperti kue bandros yang ada di Bandung. Kue pancong ini juga mirip dengan sajian kue pukis karena bentuknya.

Namun untuk pancong kekinian hanya dibuat dari tepung terigu. Adonannya lebih mirip seperti kue cubit dan diberikan beragam topping seperti cokelat meisjes, keju, susu, Nutella, hingga matcha atau green tea.

Pancong kekinian pas jadi pilihan ngemil malam ini. Kalau mau mencobanya, mampir saja ke 5 tempat berikut.

Tempat makan kue pancong yang terkenal dapat ditemui di Rawa Belong. Ya, Pancong Rawa Belong sudah populer di kalangan foodies. Apalagi kue pancong ditawarkan dengan harga sangat terjangkau.

Varian rasanya antara lain polos, cokelat, keju susu, green tea, hingga durian yang manis legit. Harganya pun tak akan bikin kantong bolong, mulai dari Rp. 4.000 - Rp. 10.000 saja untuk menu pancongnya.

Di tempat ini Anda bisa meminta pancong matang atau pancong lumer yang dimasak setengah matang.

Tapi, jika kamu ingin membuat kue pancong sendiri, cara membuatnya juga gampang dan bahan bahannya juga mudah untuk didapatkan kok. Kamu tinggal menyiapkan alat serta bahan-bahan yang dibutuhkan. Perhatikan ya resep membuat kue pancong, di bawah ini.

1. Bahan-bahannya

250 grm tepung beras
250 grm kelapa sedang parut panjang
800 ml santan
2 butir telur ayam
Garam dapur secukupnya
Mentega secukupnya untuk olesan cetakan
Gula pasir secukupnya, untuk bahan taburan

2. Proses pertama nih, rebus adonan kue pancong

Rebus 100grm tepung beras dengan 400ml santan, sampai kental dan mendidih kemudian angkat adonan. Masukan juga sisa tepung beras, kelapa parut dan garam ke dalam adonan. Aduk sampai merata. (adt)



Lezatnya Kue Pancong Jajanan Tradisional Dimodif Kekinian

Loading...

Related Post