Advertisement

Begini Tanggpan Wagub DKI Soal Blusukan Mensos di Jakarta

Begini Tanggpan Wagub DKI Soal Blusukan Mensos di Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Editor : Potan Balaikota — Rabu, 6 Januari 2021 10:32 WIB
terasjakarta.id

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengapresiasi langkah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini blusukan dan menemukan sejumlah tunawisma di sejumlah wilayah di Jakarta.

Wagub Ariza mengakui, permasalahan tunawisma di Jakarta memang menjadi pekerjaan rumah Kementerian Sosial dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Terkait masih adanya tunawisma, kemiskinan, pengangguran, itu memang menjadi PR kita bersama,” kata Riza di Balai Kota.

Ariza memastikan, Pemprov DKI memiliki program yang sejalan dengan Kemensos terkait penanganan tunawisma di Ibu Kota. Kata dia, Pemprov DKI bahkan mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk mengatasi masalah ini.

Sementara terkait tawaran Risma ke para tunawisma di Jakarta untuk menempati panti rehabilitasi sosial, Riza menekankan DKI juga memiliki tempat penampungan bagi para tunawisma ataupun para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Kami sendiri di Dinsos punya tempat penampungan, memang secara bertahap, berkesinambungan semua itu diarahkan, kita membuat perhatian kepedulian bagi mereka untuk dicarikan tempat lebih baik,” ungkap Riza.

Dalam kesempatan itu, dia juga tak menampik apabila masih ditemukan tunawisma atau gelandangan di sejumlah lokasi di Jakarta. Teranyar, dari hasil blusukan Risma, diketahui masih ada tunawisma di jalan protokol seperti kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Ariza, tunawisma muncul dalam kondisi tertentu atau musiman. Terlebih, hampir setahun terakhir Jakarta dilanda pandemi virus corona yang membuat sebagian besar warga terdampak secara ekonomi.

“Itu musiman. Seperti itu terjadi juga waktu awal-awal Covid, itu awal Ramadan juga terjadi di beberapa tempat,” kata Ariza.

Dia pun mengklaim Pemprov DKI terus berupaya menghilangkan para tunawisma dari jalan-jalan protokol. Mereka nantinya akan dibawa ke panti rehabilitasi sosial.

“Kami kan terus melakukan semua upaya untuk mengurangi, bahkan menghilangkan adanya gelandangan, apalagi di daerah-daerah protokol,” ujarnya.

Dalam beberapa hari terakhir usai dilantik sebagai Mensos, Tri Rismaharini kerap menggelar blusukan. Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara mengatakan, aksi blusukan Risma itu sekadar ingin mencari tahu permasalahan sosial yang ada di Jakarta.

Tanggpan Wagub DKI Blusukan Mensos Jakarta

Loading...

Related Post