Mendagri Tito Berharap Proses Vaksinasi Berjalan Lancar

Mendagri Tito Berharap Proses Vaksinasi Berjalan Lancar
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (ist)
Editor : Potan News — Rabu, 6 Januari 2021 07:15 WIB
terasjakarta.id

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap pemberian vaksinasi massal disosialisasikan dengan baik agar jangan sampai menimbulkan keributan atau rusuh di masyarakat. Selain itu ia juga berharap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Percuma kita melakukan tracing, enggak ada gunanya kalau ada kerumunannya. Jangan sampai terjadi terjadi keributan juga karena vaksin seolah seperti seperti emas bisa terjadi rebutan, kerumunan, lain-lain,” ujar Tito dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi COVID-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Selasa (5/1/2021).

Mantan Kapolri itu juga meminta kepala daerah dapat menjawab pertanyaan publik terkait prioritas vaksinasi Covid-19 yang dilakukan terhadap 3 kelompok masyarakat.

“Kenapa tenaga kesehatan duluan? Kenapa pejabat duluan? Ini bagian dari upaya untuk meyakinkan publik bahwa vaksin aman, karena masih ada masyarakat yang bukan hanya tidak percaya vaksin, Covid pun ada yang tidak percaya,” ujar Tito.

Penyuntikan vaksin gratis ini rencananya akan dilakukan perdana pada 13 Januari 2021, diikuti secara serentak di 34 provinsi. Program vaksinasi ini bertahap diawali dengan tiga kelompok, yakni pejabat publik pusat dan daerah, pengurus Asosiasi Profesi Tenaga Kesehatan dan Key Leader kesehatan daerah, serta tokoh agama daerah.

“Penyuntikan pertama di tingkat daerah tanggal 14 dan 15, jadi sementara belum ditentukan waktunya, tapi mungkin ini tergantung kesiapan di daerah juga. Mungkin sekitar 10 orang dengan publik figur, kalau kepala daerahnya di bawah 60 tahun, kemudian kalau di atas 60 tahun bisa wakil, sekda, pejabat lain, Forkopimda, tolong hadir juga untuk menyaksikan,” tukasnya.

Mendagri Tito Berharap Proses Vaksinasi Berjalan Lancar

Loading...

Related Post