5 Cara Mudah Agar Asupan Air Putih Dapat Terpenuhi Oleh Tubuh

5 Cara Mudah Agar Asupan Air Putih Dapat Terpenuhi Oleh Tubuh
Ilustrasi minum air putih (ist)
Editor : Potan Jakarta Food — Senin, 4 Januari 2021 06:28 WIB
terasjakarta.id


Tubuh sangat membutuhkan asupan air putih. Kadang kita lalai untuk meminum air putih padahal tubuh sangat membutuhkan asupan air putih. Minum air putih yang cukup dapat membuat kita terhindar dari dehidrasi.

Fungsi cairan tubuh ini digunakan untuk membantu pencernaan, penyerapan, sirkulasi, penciptaan air liur, pengangkutan nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh.

Beberapa orang terkadang lupa untuk memenuhi kebutuhan air untuk hidrasi ini. Melewatkan atau minum air kurang dari batas minimal yang harus dipenuhi tentunya akan mengganggu fungsi tubuh.

Nah, berikut ini 5 cara yang bisa kita lakukan agar asupan air putih terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi

1. Satu Botol Setelah Olahraga
Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang berasal dari simpanan air dalam tubuh. Cairan yang keluar dari keringat ini harus diganti agar tubuh tetap terhidrasi setelah berolahraga.

Biasakan untuk membawa satu botol air minum yang akan dihabiskan saat berolahraga. Cara seperti ini tentunya akan memudahkan untuk tetap menjaga hidrasi setiap hari. Setidaknya, satu tegukan sebelum, sesaat, dan setelah olahraga akan menghabiskan sebotol air secara perlahan.

2. Beri Tambahan Rasa
Air minum tanpa rasa mungkin akan membosankan dan membuat beberapa orang malas minum air. Cara ini bisa disiasati dengan infused water. Ini pernah terkenal beberapa waktu lalu.

Infused water bekerja dengan memberi sedikit rasa dan aroma pada air minum melalui irisan buah yang ditambahkan dalam botol atau teko. Melalui infused water ini juga akan menambah manfaat air selain menghidrasi juga menambah vitamin yang berasal dari buah.

3. Gunakan Bantuan Aplikasi
Beberapa aplikasi diciptakan untuk membantu kita melakukan banyak hal. Salah satunya aplikasi yang diciptakan untuk mengingatkan waktu minum.
Aplikasi semacam water reminder, water intake reminder, dan pengingat minum lainnya sangat berguna untuk mengingatkan waktu minum. Bukan hanya waktu minum, aplikasi semacam ini juga bisa membantu untuk melihat berapa banyak air yang sudah diminum dan dibutuhkan dalam sehari.

4. Dekatkan Teko atau Botol
Ketika teko atau botol besar tempat menyimpan air berada dekat dengan tangan, ini akan memudahkan untuk menuangkan air ke gelas. Tidak butuh waktu dan tenaga lebih lagi untuk ke dapur dan mengambil air.

Cara ini akan sangat praktis jika digunakan untuk menyiasati pemenuhan hidrasi setiap hari. Terutama bagi kamu yang mager alias males gerak, ini akan sangat efektif untuk tetap minum secara berkala.

5. Makan Makanan Mengandung Air
Hidrasi bukan hanya persoalan minum air. Banyak cara yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, salah satunya melalui makanan.

Makanan yang kaya akan air bisa dihitung sebagai konsumsi air harian juga. Beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan seperti timun (96% air), zucchini (95% air), semangka (92% air), dan anggur (91% air).

5 Cara Mudah Asupan Air Putih Dapat Terpenuhi Oleh Tubuh

Loading...

Related Post