Hasil Investigasi Komnas HAM Terkait Tewasnya 6 Pengawal HRS Dua Pekan Kedepan Diumumkan

Hasil Investigasi Komnas HAM Terkait Tewasnya 6 Pengawal HRS Dua Pekan Kedepan Diumumkan
Ilustrasi tewasnya 6 oengawal Habib Rizieq di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek (ist)
Editor : Potan News — Senin, 4 Januari 2021 06:06 WIB
terasjakarta.id


Komnas HAM masih terus menyelidiki kasus tewasnya 6 laskar pengawal Habib Rizieq di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Hasil investigasi diperkirakan rampung dalam 2 pekan lagi. Selain itu, hasil uji balistik insiden Km 50 Tol Jakarta-Cikampek yang menewaskan pengikut Habib Rizieq sudah keluar. Hasil akan disampaikan berbarengan dengan keseluruhan investigasi.

“Maksimal 2 minggu. Kesimpulan dan laporan lengkap seluruh peristiwa akan disampaikan dalam waktu 2 minggu,” kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung.

“Hasilnya sudah keluar (uji balistik temuan). Hanya kesimpulan uji balistiknya belum bisa disampaikan ke publik terlebih dahulu karena harus dirangkaian dengan peristiwa atau petunjuk lain terlebih dahulu,” tambah Beka.

Komnas HAM menyampaikan jika hasil uji balistik dari temuan tersebut juga sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri. Nantinya hasil Investigasi secara keseluruhan akan disampaikan kepada Kapolri Jenderal Idham Azis dan Presiden Jokowi sebelum diumumkan ke publik.

“Sudah laporan secara keseluruhan (ke Bareskrim Polri). Akan kami sampaikan kepada Presiden dan Kapolri,” ucap Beka.

Sebelumnya, Bareskrim Polri dan Komnas HAM akan melakukan uji balistik terkait kasus tewasnya enam pengikut Habib Rizieq di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. Uji balistik dilakukan di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim di Sentul, Jawa Barat.

“Hari ini mendampingi tim Komnas untuk uji balistik di Puslabfor Sentul. (Yang akan diuji) beberapa benda temuan Komnas di sekitar TKP,” kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi melalui pesan singkat, Rabu (30/12/2020).

Brigjen Andi membenarkan bahwa salah satu yang akan diuji ialah proyektil yang ditemukan Komnas HAM.

Namun dia belum dapat memastikan apakah temuan Komnas HAM yang diuji itu akan dijadikan sebagai barang bukti oleh tim penyidik. Andi menuturkan Polri hanya memfasilitasi Komnas HAM untuk menguji hasil temuan tersebut.

“Belum tahu, tergantung tim Komnas HAM, penyidik hanya memfasilitasi ke Puslabfor,” ujarnya.



Hasil Investigasi Komnas HAM Terkait Tewasnya 6 Pengawal HRS Dua Pekan Kedepan Diumumkan

Loading...

Related Post