Tiga Kali Menikah, Inilah Perjalanan Cinta Din Syamsuddin

Tiga Kali Menikah, Inilah Perjalanan Cinta Din Syamsuddin
Din Syamsuddin menikahi cucu pendiri Pesantren Gontor, Rashda Diana hari ini Minggu (3/1). (Istimewa)
Editor : Donald Berita Anda — Minggu, 3 Januari 2021 14:34 WIB
terasjakarta.id


 

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia yang juga tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin, baru saja menikah  dengan Rashda Diana,  cucu pendiri Pondok Moderen Darussalam Gontor (PMDG) di Ponorogo, Jawa Timur, Minggu  (3/1).

Sebelum menikahi Rashda Diana, Din Syamsuddin sudah dua kali menikah. Pernikahan pertama dengan Fira Beranata dan dikaruniai 3 anak laki-laki. Fira meninggal dunia pada tahun 2010. Pada tahun 2011, Din kemudian menikah dengan Novalinda Jonafrianty namun akhirnya bercerai..

Perjalanan cinta Din Syamsuddin disampaikan Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas,yang juga  menjadi salah satu saksi perjalanan cinta mantan Ketum PP  itu termasuk soal perceraian Din dengan Novalinda Jonafrianty.

Dia pun  menuturkan kisah  cinta Dim Syamsuddin sejak istri pertamanya meninggal.

"Lebih kurang setahun kemudian dia pun menemukan tambatan hatinya untuk dijadikan sebagai pendamping hidupnya. Aku lihat dia senang dan bahagia. Tapi sayang setelah beberapa tahun berkeluarga, badaipun datang menerpa. Apa yang terjadi biarlah mereka berdua saja yang tahu akan duduk masalahnya," kata Anwar Abbas dalam tulisannya yang dibagikan ke wartawan, Minggu (3/1/2021).

Menurut Anwar Abbas, Din Syamsuddin sebenarnya sangat sayang pada Novalinda dan berusaha menyelamatkan rumah tangganya.

"Berbagai cara dan upaya telah dilakukannya. Ibarat orang berjalan dia telah sampai keujungnya. Tapi Tuhan yang di atas sana tampaknya sudah punya ketentuan tersendiri untuknya, sehingga takdir membawanya ke arah yang berbeda," kisahnya.

Anwar Abbas menuturkan Din dan Novalinda berpisah secara baik-baik. Perceraian itu juga sudah dibahas bersama.

"Cuma yang membuat aku gembira di tengah sedih yang aku rasa, mereka berpisah karena Allah dan bercerai juga karenaNya juga. Mereka bicarakan perpisahan mereka secara baik-baik walau harus berurai air mata," tutur Anwar Abbas.

Din Syamsuddin dan Novalinda resmi bercerai pada 16 Desember 2020 setelah gugatan yang diajukan Novalinda dikabulkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Pada Minggu (3/1/2021, Din Syamsuddin  menikahi Rashda Diana.  Diketahui, Rashda Diana merupakan putri dari guru senior pendiri Pondok Moderen Darussalam Gontor (PMDG) KH Imam Subakir Ahmad,  KH. Imam Zarkasyi.
Rashda juga merupakan cucu almarhum KH Imam Zarkasyi, salah satu dari trimurti pendiri Ponpes Gontor yang merupakan ayah mertua almarhum KH Imam Subakir Ahmad.

Rashda yang kini berusia 48 tahun, merupakan dosen yang mengajar di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA), tempat yang sama dengan almarhum ayahnya saat mengabdi menjadi Pembantu Rektor I UNIDA. Dia memperoleh gelar doktor dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam bidang politik.
Sebelum menikah dengan Din, Rasdha menjalin perkawinan dengan Dr Dihyatun Masqon, yang merupakan Wakil Rektor III UNIDA yang telah wafat pada 2018 silam.(don)

 

Sebelum menikahi Rashda Diana Din Syamsuddin sudah dua kali menikah. Istri pertamanya meninggal dunia dan Din Syamsuddin yang menikah lagi akhirnya bercerai dengan istri keduanya.

Loading...

Related Post